Renungan Harian 17 – 23 Januari 2011

Hormat pada Orang Tua

sayangi orang tua



Senin, 17 Januari 2011, SALING MENGASIHI

Ayat bacaan : Keluaran 20:12

Ada dua alasan prinsip mengapa hormat kepada orang tua adalah perintah yang sangat penting. Pertama, sikap hormat kepada orang tua merupakan sikap tunduk pada otoritas. Orang tua mewakili Allah dalam membesarkan, mendidik, dan memelihara seorang anak. Seorang anak belajar menghormati Allah dan taat pada keempat perintah Allah pertama melalui belajar menghormati orang tuanya. Teladan diberikan supaya anak memiliki dan merasakan figur Allah yang penuh kasih dan perhatian. Disiplin diberikan untuk melatih anak hormat dan taat kepada-Nya.

Kedua, sikap hormat kepada orangtua akan menghasilkan sikap menghargai hak orang lain. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Keluarga dapat dijadikan ukuran untuk menentukan baik atau tidaknya masyarakat tersebut. Kalau keluarga harmonis, masyarakat juga menjadi baik, jikalau keluarga berantakan, masyarakat juga menjadi buruk.


Selasa, 18 Januari 2011, HUBUNGAN DENGAN SESAMA MANUSIA.

Ayat bacaan : Keluaran 20:12-17;

Bagaimana kita dapat mengatur hubungan kita dengan sesama agar tetap baik adanya? Hukum Allah mengajarkan bahwa menghargai sesama manusia dimulai dari harmonisnya hubungan di dalam keluarga umat Allah dengan cara menghormati ayah dan ibu kita. Hormat kepada mereka berarti mengakui mereka sebagai pengatur kehidupan dalam keluarga. Umat Allah juga akan menghargai hidup, menjaga kehormatan hubungan pribadi lawan jenis, menghargai kepemilikan, tidak bersaksi dusta, dan tidak cemburu terhadap apa yang dimiliki orang lain. Mengasihi Allah berlanjut mengasihi sesama. Banyak orang mengaku menyembah Allah tetapi meremehkan hubungan dengan sesama. Sikap demikian membawa bencana bagi orang lain. Hukum Allah tidak saja mengajarkan dan meminta umat-Nya untuk mengenal-Nya secara pribadi, tetapi harus pula membawa manfaat positif dalam hubungannya dengan sesama. Dosa menodai hubungan antar manusia, namun Kristus memampukan kita mengenal Allah yang benar dan mengasihi sesama oleh kasih-Nya.


Rabu, 19 Januari 2011, HUKUM TERUTAMA

Ayat bacaan : Matius 22:36-37

Yang diminta oleh Allah dari semua orang yang percaya kepada Kristus dan menerima keselamatan-Nya ialah kasih yang setia (bd. Ul 6:5; Rom 13:9-10; 1Kor 13:1-13). Kasih ini menuntut sikap hati yang begitu menghormati dan menghargai Allah sehingga kita sungguh-sungguh merindukan persekutuan dengan-Nya, berusaha untuk menaati Dia di atas muka bumi ini, dan benar-benar memperdulikan kehormatan dan kehendak-Nya di dunia. Mereka yang sungguh-sungguh mengasihi Allah akan ingin mengambil bagian dalam penderitaan-Nya (Filipi 3:10), memperluas kerajaan-Nya (1Kor 9:23), dan hidup bagi kemuliaan-Nya dan standar-Nya yang benar di bumi ini (Mat 6:9-10,33).


Kamis, 20 Januari 2011,  KASIH YANG SEPENUH HATI

Ayat bacaan : Matius 22:36-40

Kasih kita kepada Allah haruslah kasih yang sepenuh hati dan yang menguasai seluruh diri kita, kasih yang dibangkitkan oleh kasih-Nya kepada kita yang menyebabkan Dia mengutus Anak-Nya untuk kepentingan kita (Rom 8:32). Kasih kita hendaknya merupakan kasih seperti terungkap dalam Rom 12:1-2; 1Kor 6:20; 10:31; 2Kor 9:15; Ef 4:30; 5:1-2; Kol 3:12-17). Kasih kepada Allah meliputi: (a) kesetiaan dan keterikatan pribadi terhadap Dia; (b) iman sebagai sarana pengikat yang kokoh dengan Dia yang dipersatukan dengan kita oleh hubungan Bapak dengan anak; (c) kesetiaan kepada penyerahan kita kepada-Nya; (d) ketaatan yang sungguh-sungguh, yang dinyatakan dalam pengabdian kita kepada standar-Nya yang benar di tengah-tengah dunia yang menolak Allah; dan (e) kerinduan akan kehadiran dan persekutuan-Nya.


Jumat, 21 Januari 2011, KASIH ILAHI

Ayat bacaan : 1 Yohanes 2:19-21

Allah mengasihi kita lebih dulu dalam hal Dia menyalurkan kasihNya dalam hidup kita, bahkan menghasilkan kasih dalam diri kita. Dengan kasih inilah kita mengasihi Allah dan saudara-saudara. Siapa saja yang terbiasa membenci saudara pasti tidak tinggal dalam kasih ilahi atau dalam terang ilahi (2:9-11). Bila kita tinggal dalam Tuhan, kita tinggal dalam kasih ilahi dan terang ilahi, kita tidak akan membenci saudara-saudara, melainkan terbiasa mengasihi mereka.


Sabtu, 22 Januari 2011, HORMATILAH

Ayat bacaan : Efesus 6:1

Di dalam Tuhan menunjukkan bahwa anak-anak perlu menaati orang tua mereka. Menghormati berbeda dengan menaati. Menaati adalah suatu tindakan, menghormati adalah suatu sikap.Untuk menghormati orang tua mereka, anak-anak perlu sikap menghormati, roh yang menghormati . Semua anak perlu belajar menaati orang tua mereka juga menghormati mereka.


Minggu, 23 Januari 2011, BERBAHAGIA DAN PANJANG UMUR

Ayat bacaan : Efesus 6:3; Ulangan 5:16

Siapa yang tidak menginginkan kebahagiaan dan panjang umur? Semua kita pasti menginginkannya. Ada orang yang panjang umur namun tidak bahagia. Alkitab menasehatkan kita, agar kita dapat bahagia seumur hidup kita adalah dengan menghormati orang tua. Berbahagia adalah menjadi makmur dalam berkat-berkat materi. Perintah menghormati orang tua kita adalah perintah yang penting dengan suatu janji.



Komentar

Ingin memberikan komentar? Silahkan isi form di bawah ini.

Email Anda tidak akan dipubilkasikan. Item bertanda bintang harus di isi




Anda bisa menggunakan tag HTML dan atribut seperti berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Juga Artikel Berikut