Khotbah Ibadah Kenaikan Tuhan Yesus

TEMA             : BERKAT YANG KITA TERIMA MELALUI KENAIKAN TUHAN YESUS

NATS              : LUKAS 24:51, KISAH RASUL 1:11

PENDAHULUAN

Alkitab mencatat ada 3 peristiwa tentang orang kudus yang diangkat ke sorga dan tinggal bersama dengan Allah.

Orang yang pertama ialah Henokh

Henokh ialah orang bergaul karib dengan Tuhan selama 300 tahun. Kejadian 5:21-24 (baca)

Ibr.  11:5  Karena iman Henokh terangkat, supaya ia tidak mengalami kematian, dan ia tidak ditemukan, karena Allah telah mengangkatnya. Sebab sebelum ia terangkat, ia memperoleh kesaksian, bahwa ia berkenan kepada Allah.

Orang yang kedua ialah Nabi Elia

2Raja 2:9  Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: “Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu.” Jawab Elisa: “Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu.”

2Raja 2:10 Berkatalah Elia: “Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi.”

2Raja 2:11  Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

2Raja 2:12  Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: “Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!” Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.


Orang yang ketiga ialah Tuhan Yesus Kristus

Kis. 1:8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kis. 1:9  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.

Kis.1:10  Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,

Kis. 1:11 dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Henokh , Elia dan Yesus Kristus, terangkat ke surga karena tugas mereka sudah selesai. Kisah tentang Henokh dan Elia setelah mereka terangkat ke surga, Alkitab tidak lagi menjelaskan apa-apa , tetapi tentang Tuhan Yesus ,Alkitab mencatat hal-hal yang dikerjakan setelah Ia terangkat ke surga.


KATA KUNCI : ADA 3  BERKAT YANG KITA TERIMA MELALUI KENAIKAN TUHAN YESUS

BERKAT YANG PERTAMA : KITA MENERIMA ROH KUDUS

Joh 16:7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Tuhan Yesus memberitahukan murid-muridNya, bahwa kepergianNya jauh lebih berguna bagi mereka karena Roh Kudus akan diutus dan masuk dalam kehidupan mereka.

Roh Kudus disebut juga sebagai :

1.     Roh Penghibur ( Yoh 14 : 27 )

2.     Roh Kebenaran ( Yoh.14:17 )

3.     Roh Allah ( Roma 8 : 9 )

4.     Roh Penolong ( Yoh.14:16)


BERKAT YANG KEDUA : KITA MEMPUNYAI SEORANG IMAM BESAR DAN RASUL

Seorang Imam besar ialah pribadi yang mewakili kita di hadapan Allah dan duduk disebelah kanan Allah.

Ibr. 3:1  Sebab itu, hai saudara-saudara yang kudus, yang mendapat bagian dalam panggilan sorgawi, pandanglah kepada Rasul dan Imam Besar yang kita akui, yaitu Yesus,

Ibr. 1:3  Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

Ibr. 1:4  jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

Hal ini dilakukan adalah untuk kepentingan kita.

Heb 9:24  Sebab Kristus bukan masuk ke dalam tempat kudus buatan tangan manusia yang hanya merupakan gambaran saja dari yang sebenarnya, tetapi ke dalam sorga sendiri untuk menghadap hadirat Allah guna kepentingan kita.


BERKAT YANG KETIGA : KITA MEMPUNYAI SEORANG PENGANTARA

1Tim. 2:5  Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

Karya Pengantara :

1. Menyelamatkan semua orang

Ibr. 7:25  Karena itu Ia sanggup juga menyelamatkan dengan sempurna semua orang yang oleh Dia datang kepada Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka.

2. Memberikan hidup kekal

Ibr. 9:15  Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggara yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.

3. Pengampunan Dosa

1Yoh. 2:1  Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.

1Yoh. 2:2  Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.













Komentar

  • Herkulana yuniati.e says:

    Saya sangat dikuatkan oleh pengajaran lewat kotbah ini…terimakasih penulis

  • Ingin memberikan komentar? Silahkan isi form di bawah ini.

    Email Anda tidak akan dipubilkasikan. Item bertanda bintang harus di isi




    Anda bisa menggunakan tag HTML dan atribut seperti berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Baca Juga Artikel Berikut