Khotbah Ibadah Raya Minggu 26 Juni 2011

RAHASIA MENERIMA BERKAT (2)

Pendahuluan :

Puji Tuhan minggu lalu kita telah mendengar Firman Allah tentang “Rahasia Menerima Berkat”. Allah kita adalah Allah yang rindu dan sungguh-sungguh ingin memberkati anak-anakNya. Dan hal itu Ia buktikan dengan kematianNya di kayu salib. Ia mati sebagai orang yang terkutuk supaya kita boleh menerima berkat Abraham.

Gal 3:13-14

Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!” . Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Allah telah melakukan bagianNya agar kita dapat hidup diberkati, jika kita ingin Ia melakukan bagianNya, maka kita harus melakukan bagian kita yaitu :

1. Memiliki sikap hati yang benar

2. Melangkah dalam iman

3. Setia dan benar dalam persembahan persepuluhan.


Janji Tuhan dalam Ulangan 28:1 akan jadi bagian dalam hidup kita :

“Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi”.


Tetapi jika kita dengar Firman Allah tapi tak melakukannya maka ini yang akan jadi bagian dalam hidup kita.

Ulangan 28 : 15 “Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau”


Kita percaya dengan pertolongan dari Roh Kudus, kita akan dimampukan untuk melakukan kehendak Allah.


Rahasia keempat untuk menerima berkat Allah : Menyadari adanya kasih karunia Allah.

Efesus 2:8-9 “Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”


Kita diselamatkan karena kasih karunia melalui iman, dan kita harus belajar untuk menjalani kehidupan setiap hari dengan cara yang sama. Kasih karunia adalah suatu hal yang tak mungkin diupayakan, hal itu hanya dapat diterima sebagai pemberian cuma-cuma.

Kasih karunia adalah kuasa Allah untuk membantu kita dalam area-area dimana kita tidak dapat menolong diri kita sendiri.

Joh 15:5 Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.


Oleh sebab itu kita memerlukan pertolongan dalam setiap area hidup kita. Jika kita ingin hidup berkemenangan, kita harus menyadari ketidakberdayaan kita dan memohon kasih karunia Allah. Roh Kudus juga disebut Roh Kasih Karunia (Ibrani 10:29). Dia diutus untuk menjadi Penolong dalam hidup kita.


Joh 14:16 “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya”.


Dan kita dapat datang ke tahta kasih karuniaNya dengan penuh keberanian, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya (Ibrani 4:16). Allah tidak mengijinkan kita sukses tanpa diriNya, jika Ia mengijinkan, kita akan mengambil semua kemuliaan yang seharusnya ditujukan kepadaNya.

Banyak orang percaya frustasi dalam pergumulan hidup dan menjadi tertekan serta tidak mengalami berkat-berkat Allah karena tidak menyadari adanya kasih karunia.


Rahasia yang kelima : Mengijinkan Roh Kudus bermanifestasi dalam hidup


Roh Kudus yang dikaruniakan kepada kita dan tinggal di dalam kita untuk selama-lamanya merupakan berkat yang terbesar dan sesungguhnya dari apa yang Allah janjikan kepada kita.


Gal 3:14  Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.

Dan Roh Kudus yang tinggal didalam kita ingin bermanifestasi lewat karunia-karuniaNya. Dan jika karunia-karunia ini bekerja dan berkarya sungguh akan menjadi berkat yang luar biasa bagi gereja ini dan bagi orang lain. Ketika kita jadi berkat bagi orang lain maka hidup kita akan diberkati.


Roh Kudus akan bermanifestasi lewat karunia-karuniaNya.

1. Karunia berkata dengan hikmat. Roh Kudus mengaruniakan ucapan yang berhikmat pada satu keadaan atau masalah yang khusus.

2. Karunia Pengetahuan. Ucapan yang diilhami oleh Roh Kudus yang menyingkapkan pengetahuan tentang orang, keadaan, atau kebenaran. Dan biasanya berhubungan erat dengan nubuat.

3. Karunia Iman. Iman adikodrati yang diberikan oleh Roh Kudus yang memungkinkan orang Kristen mempercayai Allah untuk melakukan perkara yang luar biasa dan ajaib.

4. Karunia-karunia menyembuhkan : adalah karunia Roh Kudus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

5. Karunia untuk mengadakan mukjizat : perbuatan-perbuatan kuasa adikodrati yang dapat mengubah tatanan hukum alam yang normal.

6. Karunia nubuat. Karunia dari Roh Kudus untuk menerima dan menyampaikan suatu ucapan yang diurapi oleh Allah.

7. Karunia membedakan bermacam-macam Roh : Kemampuan dari Roh Kudus untuk membedakan dan menilai nubuat-nubuat secara tepat dan membedakan apakah ucapan itu berasal dari Roh Kudus atau bukan.

8. Karunia berkata-kata dengan bahasa Roh. Kemampuan yang Roh Kudus beri untuk berkata-kata dengan bahasa Roh  yang tidak dimengerti oleh si pembicara sendiri.

9. Karunia menafsirkan bahasa Roh : Kemampuan yang diberikan oleh Roh Kudus untuk mengerti dan menyampaikan makna suatu ucapan yang disampaikan dalam bahasa Roh.


Bagaimana agar karunia ini dapat berkarya :

1. Merindukan dan mengusahakannya ( I Kor 12:31, I Kor 14: 1)

2. Memiliki hubungan  yang intim dengan Roh Kudus

  • Minta setiap hari dipenuhi Roh Kudus
  • Gunakan bahasa Roh ( I Kor.14:4)

3. Biasanya ada kebutuhan yang dijawab.


Komentar

Ingin memberikan komentar? Silahkan isi form di bawah ini.

Email Anda tidak akan dipubilkasikan. Item bertanda bintang harus di isi




Anda bisa menggunakan tag HTML dan atribut seperti berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Baca Juga Artikel Berikut