19 March 2015 - Khotbah

AREA HIDUP YANG MESTI DIMENANGKAN

PENDAHULUAN

Pada bulan Februari yang lalu kita sudah belajar area yang mesti dimenangkan bagian pertama yaitu Victory in Mindset , Victory in Emotion dan Victory in Willingness. Ketiga area ini sangat penting bagi Tuhan, bagi kita dan iblis juga menganggapnya hal yang penting.

Kita harus belajar mengingat bahwa kehidupan Kristen yang benar adalah kehidupan yang diubahkan terus menerus sampai kita menjadi serupa dengan gambaran Anak  Allah yaitu Yesus Krsitus.

Perubahan dapat mengarah kepada kehidupan yang seperti dunia atau perubahan  yang mengarah menjadi seperti Yesus.

Rom 12:1  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Rom 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Rom 8:29  Mereka yang telah dipilih oleh Allah, telah juga ditentukan dari semula untuk menjadi serupa dengan Anak-Nya, yaitu Yesus Kristus. Dengan demikian Anak itu menjadi yang pertama di antara banyak saudara-saudara.[ ibis ]

 

SAAT INI KITA AKAN BELAJAR LAGI AREA YANG MESTI DIMENANGKAN

4. VICTORY IN FAITH AND SPEAK

            A. VICTORY IN FAITH

Iman merupakan hal yang sangat penting dalam pengiringan kita kepada Tuhan.

Karena Allah adalah Roh , kita tidak dapat melihat Dia secara kasat mata , maka iman merupakan hal yang penting dalam hidup kita.

Iman adalah mata rohani untuk melihat Tuhan.

Ibr.11:1  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Ibr.11:1  Beriman berarti yakin sungguh-sungguh akan hal-hal yang diharapkan, berarti mempunyai kepastian akan hal-hal yang tidak dilihat. [IBIS ]

1Kor.13:13  Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

1Kor.13:13  Jadi, untuk saat ini ada tiga hal yang kita harus tetap lakukan: percaya, berharap dan saling mengasihi. Yang paling penting dari ketiganya itu ialah mengasihi orang-orang lain. [ IBIS ]

Mat 9:28  Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: “Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?” Mereka menjawab: “Ya Tuhan, kami percaya.”

Mat 9:29  Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: “Jadilah kepadamu menurut imanmu.”

 

B       VICTORY IN SPEAK

“ Bicara itu gratis “ sekalipun bicara itu gratis, namun Tuhan memerintahkan kita untuk  memperhatikan apa yang kita katakan.

  • Jangan terburu-buru dengan mulut kita

Pengkotbah 2:5, “Janganlah terburu- buru dengan mulutmu, dan janganlah hatimu lekas- lekas mengeluarkan perkataan di hadapan Allah, karena Allah ada di sorga dan engkau di bumi; oleh sebab itu, biarlah perkataanmu sedikit”.

  • Membangun diri sendiri dan orang lain

Sebuah perkataan sangat powerful.Tidak memandang siapa yang kita ajak berbicara, apakah atasan, bawahan, sesama, bahkan anak kecil sekalipun, perkataan tetap akan memberikan efek, baik pada diri kita maupun orang yang kita ajak berbicara, karena setiap ucapan yang kita lontarkan itu memiliki pengaruh yang sangat luar biasa bagi psikologis(perasaan) orang yang mendengar atau orang yang kita ajak berbicara.

Joh 4:48  Maka kata Yesus kepadanya: “Jika kamu tidak melihat tanda dan mujizat, kamu tidak percaya.”

Joh 4:49  Pegawai istana itu berkata kepada-Nya: “Tuhan, datanglah sebelum anakku mati.”

Joh 4:50  Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, anakmu hidup!” Orang itu percaya akan perkataan yang dikatakan Yesus kepadanya, lalu pergi.

Joh 4:51  Ketika ia masih di tengah jalan hamba-hambanya telah datang kepadanya dengan kabar, bahwa anaknya hidup.

Eph 4:29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Eph 5:19  Pakailah kata-kata dari mazmur, nyanyian puji-pujian dan lagu rohani, dalam percakapan-percakapanmu. Hendaklah kalian dengan hati yang gembira menyanyikan puji-pujian kepada Tuhan.

Eph 5:20  Selalu dan mengenai apa pun juga, hendaklah kalian mengucap terima kasih kepada Allah Bapa, atas nama Yesus Kristus Tuhan kita. [ IBIS ]

 

TIGA KATA YANG WAJIB KITA MILIKI :

ü  MAAF

Mat 6:12  dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

Col_3:13  Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, samaseperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

 

>>>>>Memberi maaf artinya saya mau hidup sehat ,Ilmu Psikoneuroimunologi menjelaskan bahwa mereka yang pendendam dan sulit memberikan maaf untuk orang lain lebih mudah menderita penyakit fisik serta mental dibandingkan mereka yang tidak memiliki prilaku pendendam, ini disebabkan orang yang mendendam memiliki stok emosi yang banyak jika berada dekat dengan objek kemarahan mereka dan mereka juga akan kehilangan emosi positif mereka ketika dendam mereka mulai mendera.

>>>>>Memberi maaf artinya perekat harmoni kehidupanmenurut Lynn Johnston, permintaan maaf adalah lem terkuat untuk merekatkan harmoni kehidupan, karena ia(maaf) dapat memperbaiki apa saja, kemudian yang kedua menurut Anne Lamott, ampunan adalah melepaskan harapan untuk memiliki masa lalu yang berbeda, dan hal ini sama saja dengan meminta maaf, karena permintaan maaf ialah akhir dari perjuangan anda melawan sejarah, dan sebuah aksi yang dapat melepaskan masa lalu dengan menerima apa adanya, dan sejak saat itu anda bisa bebas maju selangkah kedepan. Lalu yang ketiga menurut Lazare, permintaan maaf adalah suatu hal yang efektif dan didalamnya terkandung ketulusan, rasa malu akan kesalahan, komitmen, kebaikan hati, dan keberanian, dan yang terakhir yang keempat menurut Cherie Carter Scott, mengatakan bahwa kebencian itu hanya akan membuat diri anda kerdil, sementara maaf akan mendorong anda untuk lebih tumbuh melebihi diri anda sendiri

ü  TOLONG

Manusia adalah makhluk social dan tidak bisa hidup sendiri, itu sebabnya kita mesti belajar memiliki kata “ tolong “ kepada orang lain.

Sebuah kata “ tolong“  dapat membangun hubungan yang istimewa antara manusia dengan manusia lainnya,hal ini di karenakan sebuah kata tolong mengandung arti “menghargai”, dan ingatlah juga bahwa dengan menghargai orang lain maka kita berarti menghargai diri sendiri.

Alkitab mengajarkan kita untuk saling tolong menolong.

1Pe 3:12  Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.”

Gal 6:2  Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.

Gal 6:2  Hendaklah kalian saling membantu menanggung beban orang, supaya dengan demikian kalian mentaati perintah Kristus. [ IBIS ]

Mar 10:47  Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!”

Mar 10:47  And when he heard that it was Jesus of Nazareth, he began to cry out and say, Jesus, son of David, have mercy on me!

 

ü  TERIMA KASIH

Sebuah riset yang menunjukkan bahwa manusia itu adalah mahluk yang haus akan penghargaan, karena jika ia menerima pujian yang tulus atas apa yang telah ia lakukan , ia tidak hanya akan merasa dihargai secara batiniah saja, tetapi dengan penghargaan tersebut akan tumbuh rasa kebanggaan pada dirinya.

Yesus mengajar kita untuk berterima kasih dan bersyukur

9 orang disembuhkan dan 1 orang diselamatkan

Luk 17:15  Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring,

Luk 17:16  lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria.

Luk 17:17  Lalu Yesus berkata: “Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu?

Luk 17:18  Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?”

Luk 17:19  Lalu Ia berkata kepada orang itu: “Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau.”

 

5. Victory In Behaviour

Perilaku atau tingkah laku kita sebagai anak Tuhan mesti ditingkatkan menjadi tingkah laku yang unggul.

Kolose 3:23, “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia”.

Belajar selalu untuk mengerjakan sesuatu dengan kualitas terbaik.

Kemenangan atas perilaku adalah dengan cara ‘Right Response’. Belajar bersikap benar , pada saat orang lain tidak benar , kita  mau berespon benar. Juga pada situasi yang tidak benar, saya tetap mau berespon benar.

Tingkah laku menjadi sifat dalam kehidupan kita, dan ini terbentuk melalui pengulangan-pengulangan yang kita lakukan.

 

 

6. Victory In Habit

Efesus 3:20, “Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita”.

Tuhan menyediakan kasih karunia bagi kita anak – anakNya untuk memiliki kebiasaan – kebiasaan baik dan benar.

Rahasia menang atas kebiasaan buruk adalah kita memiliki nilai – nilai yang baik.

Kebiasaan adalah ‘nilai-nilai’ yang kita percayai.Jadi kalau ingin menang dari kebiasaan buruk.Kita mesti punya ‘nilai-nilai’ yang baik dan hidup bersama komunitas yang memiliki ‘nilai-nilai’ yang baik pula.Kemenangan atas kebiasaan adalah menghampiri kasih karunia Tuhan, tidak malah menjauhinya jika kita gagal.Renungkanlah hal ini.Lari mendekat pada ‘kasih karunia’ adalah awal sebuah kemenangan atas kebiasaan.

1Ti 4:12  Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

 

 

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.