13 May 2015 - Khotbah

AKU PUNYA ROH KUDUS

PENDAHULUAN

Kita sudah memasuki bulan yang kelima di Tahun ini, sudah seharusnya untuk selalu bersyukur kepada Tuhan Yesus yang baik dan mengasihi kita. Pada Bulan April yang lalu , kita belajar firman Tuhan, bagaimana Tuhan Yesus mengunjungi murid-muridNya selama 40 hari dan peristiwa itu sangat penting karena para murid atau rasul ini akan menjadi saksi dari semua peristiwa yang mereka lihat dari kebangkitan Tuhan Yesus. Ada satu hal yang sangat penting yang Tuhan Yesus katakana kepada para rasulNya sebelum kematian dan sesudah kebangkitanNya yaitu tentang Roh Kudus. Sebelum terjadi peristiwa kematianNya, Tuhan Yesus memberitahukan kepada para rasulNya akan datangnya Roh Kudus.

Joh 14:16  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

Joh 14:17  yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Joh 14:18  Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Dan sesudah kebangkitanNya dari antara orang mati, Tuhan Yesus kembali meneguhkan para rasul tentang kedatangan Roh Kudus.

Luk 24:49  Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Kis. 1:4  Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang–demikian kata-Nya–“telah kamu dengar dari pada-Ku.

Kis. 1:5  Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

Kis. 1:8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Sebelum Tuhan Yesus mati dan bangkit dari antara orang mati, para murid dapat melihat secara fisik keberadaan tubuh dari Tuhan Yesus, namun setelah Yesus mati dan bangkit, para murid tidak dapat lagi melihat secara terus menerus keberadaan Tuhan Yesus secara kasat mata. Mereka harus memasuki dimensi yang baru dalam hubungan mereka dengan Tuhan Yesus sesudah peristiwa kebangkitan.

Dimensi ini adalah dimensi iman yaitu percaya sekalipun tidak melihat. Agar supaya setiap rasul ini dapat terus menerus hidup dalam dimensi iman ini, maka Tuhan Yesus meminta kepada Bapa di Surga agar setiap orang yang percaya kepadaNya diberikan Roh Kudus.

Jadi hadirnya Roh Kudus dalam hidup orang percaya merupakan hal yang sangat penting dan sangat berharga. Pekerjaan Roh Kudus diuraikan oleh Tuhan Yesus dengan jelas .

Tuhan Yesus mengatakan bahwa :

1.     Roh Kudus akan memuliakan Tuhan Yesus

Joh 16:14  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

Joh 16:14  He will give me glory, because he will tell you what I say.

Joh 16:15  Everything the Father says is also what I say. That is why I said, ‘He will take what I say and tell it to you.’ GW

Semua karya , tuntunan, pekerjaan Roh Kudus hanya satu tujuannya yaitu Memuliakan Tuhan Yesus [ meninggikan Tuhan Yesus, Membesarkan Tuhan Yesus, menghormati Tuhan Yesus. Yohanes Pembaptis berkata :

Joh 3:30  Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. ].

2.     Roh Kudus mendatangkan kuasa Allah  bagi orang percaya

Tuhan Yesus memberikan perintah kepada para rasul agar mereka tidak meninggalkan Yerusalem, karena sebentar lagi mereka akan menerima janji Bapa yaitu Roh Kudus. Tuhan Yesus menegaskan jika Roh Kudus turun ke atas mereka , mereka akan mnerima kuasa untuk menjadi saksi Yesus.

Kis. 1:8  Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kuasa ini bertujuan  memberikan kemampuan untuk  melakukan apa yang Yesus sudah perintahkan yaitu menjadi Saksi dan menjadikan semua bangsa murid Tuhan.

Mat 28:18  Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

Mat 28:19  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Mat 28:20  dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Mar 16:15  Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Mar 16:16  Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Luk 24:46  Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

Luk 24:47  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Luk 24:48  Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

Roh Kudus menuntun, mendorong, menguatkan, menghibur, membukakan jalan, meneguhkan semua kesaksian yang dilakukan oleh para rasul dengan kuasa dan tanda-tanda yang ajaib.

Mar 16:20  Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Ibr. 2:2  Sebab kalau firman yang dikatakan dengan perantaraan malaikat-malaikat tetap berlaku, dan setiap pelanggaran dan ketidaktaatan mendapat balasan yang setimpal,

Ibr. 2:3  bagaimanakah kita akan luput, jikalau kita menyia-nyiakan keselamatan yang sebesar itu, yang mula-mula diberitakan oleh Tuhan dan oleh mereka yang telah mendengarnya, kepada kita dengan cara yang dapat dipercayai, sedangkan

Ibr. 2:4  Allah meneguhkan kesaksian mereka oleh tanda-tanda dan mujizat-mujizat dan oleh berbagai-bagai penyataan kekuasaan dan karena Roh Kudus, yang dibagi-bagikan-Nya menurut kehendak-Nya.

3.     Roh Kudus  berkarya di dalam diri orang percaya

Menjadi penolong yang selalu menyertai sampai kekekalan Yoh.14:16

Memimpin dalam seluruh kebenaran dan memberitakan hal yang akan datang, Yoh.16: 13

Menghibur , mengajar segala sesuatu dan mengingatkan , Yoh.14:26

Membantu dalam berdoa , Roma 8:26

Sebagai jaminan ,  2 Kor.1:22, 2 Kor.5:5, Efe.1:14

Mencurahkan kasih Allah ,  Roma 5:5

Memberikan karunia-karunia, 1 Kor.12:1-31

Memberikan harta yang indah , 2 Tim.1:14

Membantu untuk berbuah Roh Kudus, Gal.5:22-23

Bapa di Surga telah memberikan Roh Kudus sebagai pemberian yang terbaik bagi setiap orang percaya kepada Tuhan Yesus. Jika kita mempelajari pekerjaan Roh Kudus, sangat luar biasa dan sangat berdaya guna bagi orang percaya. Kita harus belajar untuk selalu melibatkan Roh Kudus berkarya di dalam hidup kita.

Langkah- langkah :

1. Membangun persekutuan dengan Roh Kudus melalui  doa dan puasa

2Kor. 13:14  Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.

2. Meminta sesuai pekerjaan Roh Kudus

3. Jangan MendukakanNya

Eph 4:30  Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.

4. MentaatiNya dan Bersyukur kepadaNya.

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.