15 October 2015 - Khotbah

Thema Bulan Oktober 2015 : The Word Of Faith

THE WORD OF FAITH

Roma 10:8, Ul.30:14

PENDAHULUAN

Tuhan Yesus sangat baik bagi kita semua, oleh anugerahNya , kita sekarang memasuki bulan oktober 2015. Tuhan Yesus telah menuntun kita tahap demi tahap untuk mempersiapkan kita memasuki tahun 2016. Sejak bulan mei, kita melihat bagaimana Tuhan mulai mengajari kita firmanNya dengan jelas, biarlah kita memperhatikannya dan hidup didalam firmanNya.

Saya merasa perlu untuk selalu mengingatkan bagi kita semua, apa yang telah Tuhan telah katakan kepada kita sejak bulan mei yang lalu.

Firman Tuhan pada bulan :

  • Mei : Aku Punya Roh Kudus [ penting Roh Kudus ]
  • Juni : Aku mengandalkan Tuhan [ tentang hati kita ]
  • Juli : The Secreet of Faith [ Rahasia Iman tentang perhatikan cara kita mendengar FT, karena iman timbul oleh pendengaran firman Kristus ]
  • Agustus : The Perfect Of Faith [ iman menjadi sempurna karena disertai perbuatan ]
  • September : Testing Of Your Faith [ Ujian iman menghasilkan kualitas ilahi dalam hidup kita ]

Pada bulan oktober ini kita akan belajar lagi firman Tuhan tentang The Word of Faith yaitu Firman Iman.

APAKAH FIRMAN IMAN ITU ?

Firman Iman adalah Firman Tuhan yang sudah ada di hati kita dan oleh Roh Kudus diperintahkan untuk diucapkan dengan iman pada saat dan situasi tertentu.

Rom 10:8 Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.” Itulah firman iman, yang kami beritakan.

Rom 10:8 But what does it say? “The Word is near you, even in your mouth and in your heart”; that is, the Word of Faith which we proclaim; [ MKJV ]

SEPERTI APAKAH FIRMAN IMAN ITU ?

Saya ingin mengajak Saudara untuk melihat firman Tuhan sebagai contoh , bagaimana Saudara menerima keselamatan kekal. Mari perhatikan dengan baik !

Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Firman Tuhan mengajari kita bahwa untuk seseorang mengalami keselamatan maka orang itu harus:

  • Mendengar Injil Keselamatan [ Markus 16:15-16 ]

Mar 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Mar 16:16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

  • Percaya / Beriman [ Iman diperoleh karena mendengar Firman Roma.10:17 ]

Hati orang yang mendengar Firman itu menjadi percaya atau menerima iman

  • Mengaku dengan mulut

Pengakuan adalah langkah yang sangat penting. Ketika orang mendengar Injil, hatinya menjadi percaya maka terjadi sesuatu dalam rohani nya yaitu menerima pembenaran dari Allah.

Mulutnya harus mengucapkan pengakuan atau pernyataan atau proclaim, maka saat mulutnya memberi pengakuan , terjadi keselamatan. Inilah yang dikatakan Roh Kudus tentang Firman Iman yaitu hati yang menerima firman Tuhan dan percaya, lalu mulut yang memperkatakan sebuah pernyataan iman atau memproklamirkan perkataan iman.

Firman Tuhan itu dekat kepadamu yakni firman itu di dalam mulutmu dan di dalam hatimu.

APAKAH YANG HARUS SAYA LAKUKAN SUPAYA FIRMAN TUHAN ITU ADA DI DALAM HATI DAN MULUT SAYA ?

  1. Bacalah Aliktab dengan tekun

1Ti 4:13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar,

Bacalah alkitab dengan perlahan-lahan, bacalah dengan penuh perhatian dan bacalah berulang-ulang.

  1. Renungkanlah Firman Tuhan yang dibaca ?

Jos 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Jos 1:8 This book of the Law shall not depart out of your mouth, but you shall meditate on it by day and by night, so that you may be careful to do according to all that is written in it. For then you shall make your way prosperous, and then you shall act wisely. [ MKJV ]

Meditasi [ Ibr: Hagah artinya bicara berulang-ulang seperi orang mengeluh atau mengomel, termasuk di dalamnya membayangkan dengan pikiran atau berpikir lebih, belajar ]

Meditasi atau merenungkan secara Kristen adalah mengucapkan Firman Tuhan secara perlahan-lahan dengan suara yang tidak keras dan dilakukan secara berulang-ulang.

Orang Kristen tidak boleh melakukan meditasi seperti yoga, mengosongkan pikiran, atau melakukan gerakan-gerakan atau posisi tertentu yang hanya untuk bisa fokus pada suatu hal sambil mengosongkan pikiran.

  • Meditasi adalah sebuah perjumpaan dengan Tuhan
  • Meditasi Firman Tuhan adalah sebuah perjumpaan dengan Tuhan
  • Meditasi Firman Tuhan adalah menjadikan Firman Tuhan menjadi bagian dalam hidup kita
  • Meditasi Firman Tuhan adalah menjadikan Yesus Kristus menjadi bagian dalam hidup kita karena Yesus Kristus dan FirmanNya adalah satu
  • Meditasi Firman Tuhan adalah berpikir lebih , belajar menggali lebih dalam Firman Tuhan
  • Meditasi Firman Tuhan menghasilkan pewahyuan.

JIKA FIRMAN TUHAN MENGUASAI MULUT DAN HATI KITA ,

  • Jika Firman Tuhan menguasai mulut kita, itu juga akan menguasai hati kita, dan Jika Firman Tuhan menguasai hati kita , maka itu akan mempengaruhi tingkah laku dan karakter kita.
  • Jika Firman Tuhan itu menguasai mulut kita dan turun ke dalam hati kita dan akan mulai mempengaruhi tingkah laku dan karakter kita, kita sedang memulai untuk melakukan apa yang Firman Tuhan katakan. [ 2 Tim.3:16-17 ]
  • Jika Firman Tuhan tidak menguasai hati kita, maka kita tidak dapat melakukan apa yang Firman Tuhan katakan.
  • Jika kita mengatakan, mengkotbahkan dan mengajarkan Firman Tuhan, tidak sesuai dengan apa yang Roh Kudus inginkan, maka itu akan menjadi kosong, tidak berarti dan malah seringkali merusak. [ Yohanes 14: 26 , anak Skewa Kis.19:13-16 ]
  1. MELAKUKAN SESUAI FIRMAN TUHAN

Jos 1:8 ….., supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, …..

Tindakan atau Perbuatan Iman adalah penggenapan dari sebuah proses memperkatakan dan merenungkan Firman Tuhan yang didorong oleh Roh Kudus untuk dilakukan.

FirmanTuhan adalah Janji-janji Tuhan, dalam Alkitab ada sangat banyak janji-janji Tuhan untuk kehidupan kita.

Janji-janji Tuhan adalah isi hati Tuhan atau keinginan – keinginan Tuhan, jika kita tidak memiliki janji-janji Tuhan itu berarti kita tidak memiliki apa-apa.

Tanpa Firman Tuhan, iman tidak bisa bekerja, sehingga iman menjadi tidak nyata

Jika kita mengetahui kehendak Allah atau keinginan Allah tentang suatu hal atau kejadian, kita bisa menjadi percaya kepada Allah bahwa suatu hal itu sesuai dengan kehedakNya.

Sebuah perkataan adalah sebuah ungkapan isi dari hati. Apakah waktu kita mengatakan sesuatu merupakan sebuah ungkapan hati kita ?

Saat Allah mengatakan firmanNya, itu merupakan ungkapan isi hatiNya.

APAKAH DAMPAK DARI FIRMAN IMAN DALAM HIDUP SAYA ?

Joh 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Kata “ tinggal “ [ Yun. Meno artinya senantiasa tinggal, memberikan sebuah tempat atau wilayah, hubungan, bertahan, selalu ada atau hadir ]

  • Menerima apa yang diminta, menerima apa yang dicari, menerima pintu yang terbuka.

Mat 7:7 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Mat 7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

  • Menjadi Pemenang

1Yoh. 5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

1Yoh. 5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

1Yoh. 5:5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.