1 March 2016 - Khotbah

MELAKUKAN PEKERJAAN YESUS

MELAKUKAN PEKERJAAN YESUS
Yohanes 14:12

PENDAHULUAN

Terpujilah Tuhan Yesus yang sangat baik, yang telah menolong kita melewati bulan pertama di tahun ini. Kita harus ingat dan mendoakan thema tahun ini yaitu 30 -60 -100, dimana didalamnya mengandung pengertian adanya pertambahan, pelipatgandaan, berbuah penuh dan perkara – perkara yang menjadi mungkin.
Angka 30-60-100 adalah berbicara tentang buah atau penuaian yang di atas rata-rata. Kekristenan kita harus mengalami perubahan untuk berbuah penuh bagi-Nya.
Seperti yang pernah saya sampaikan pada beberapa bulan yang lalu, ketika orang ramai-ramai membicarakan tentang tetra bloodmoon, tahun Yobel besar bagi bangsa Israel, saya mendapatkan ayat dari Yesaya 61 :1-2.

Yesaya 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,
Isa 61:2 untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung,

Firman Tuhan ini merupakan nubuat tentang apa yang Yesus akan kerjakan ketika Dia datang menjadi manusia.
Pada saat Yesus hadir di Sinagoge kota Nazaret, Dia menerima kita Yesaya dan membacakan ayat-ayat ini, lalu memproklamirkan saat itu bahwa ayat-ayat tersebut digenapi saat orang Yahudi Nazaret mendengarnya. Lukas 4 : 17-21

Luk 4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

Apakah artinya perkataan Yesus “ genaplah nas ini “ ?
Pengertian DIGENAPI artinya adalah pada hari ini sudah terpenuhi atau pada hari ini terpenuhi dan akan terus terpenuhi sampai Tuhan Yesus datang yang kedua kali.

Kapan Tuhan Yesus diurapi oleh Roh Kudus ?
Pada saat Roh Kudus turun ke atasnya sesudah Dia dibaptis oleh Yohanes Pembaptis. Matius 3:16-17, Kisah 10:37-38

Apakah yang Yesus ingini dari kita yang percaya kepada-Nya ? Yesus menghendaki kita ikut melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya
Joh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; Joh 14:12 Sungguh benar kata-Ku ini: Orang yang percaya kepada-Ku, akan melakukan apa yang sudah Kulakukan, –malah ia akan melakukan yang lebih besar lagi–sebab Aku pergi kepada Bapa. [BIS ]
The Message menyatakan “ Orang yang percaya kepadaKU tidak hanya akan melakukan apa yang sedang Aku lakukan, tetapi akan melakukan hal yang lebih besar, karena Aku, pergi kepada Bapa; Aku akan memberikan kepadamu pekerjaan yang sama untuk dilakukan , yang telah Aku lakukan.

Yesus menghendaki kita yang percaya kepada-Nya, melakukan juga pekerjaanpekerjaan-Nya. Semua kehendakNya itu terhisab dalam amanat agung dalam Matius 28:19-20.
Jadi Keselamatan yang terima , Roh Kudus yang memenuhi kita diberikan agar kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan-Nya.
Mar 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

BAGAIMANA MEMULAI MELAKUKAN PEKERJAAN-PEKERJAAN YESUS ?

1. Dimulai dengan hubungan dengan Yesus, dapat berbentuk disiplin dalam doa, pujian dan pemyembahan, tekun membaca Alkitab perlahan-lahan dan merenungkannya.

Rahasia membangun hubungan adalah waktu, keterbukaan dan kesediaan.
Hubungan dengan Yesus akan membuat kita menerima sesuatu dari Dia untuk dikerjakan.
Jadi pekerjaan-pekerjaan Yesus yang akan kita lakukan HANYALAH akibat dari hubungan yang terjalin. Sebuah reflection atau pantulan dari hubungan yang terjadi.
Contoh :
Petrus dan Yohanes , Kisah 3:6,12,16
Filipus, Kis.8:27-29, Pengutusan Barnabas dan Paulus, Kis.13:2, Kis.14:3 Ikonium

2. BERGERAK DALAM BELAS KASIHAN [ Matius 9:13,36 ] BELAS KASIHAN
Ibr. 8:12 Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.”

Perjanjian Lama menulis belas-kasihan dalam bahasa Ibrani adalah kata KHESED , yang berarti “kemampuan untuk menempatkan diri di dalam diri orang lain, sehingga dapat melihat dengan mata orang lain itu, memikirkan dengan pikiran orang lain itu dan merasakan dengan perasaan orang lain itu”.  Kemurahan hati berarti pernyataan simpati untuk masuk ke dalam diri orang lain dan mengidentifikasikan diri dengan orang lain itu, sehingga dapat melihat, memikirkan, dan merasakan sebagaimana orang lain itu.

3. MELAKUKANNYA
Ketika Tuhan Yesus memberikan Pikiran-Nya, Perasaan-Nya, Firman-Nya kepada kita untuk dilakukan, berjalanlah dengan iman dan LAKUKANLAH. Roh Kudus akan menolong kita supaya kita melakukan pekerjaanpekerjaan Yesus. Tuhan Yesus mengatakan Aku akan pergi kepada Bapa, artinya Roh Kudus akan datang dan menolong kita. Melakukan Pekerjaan Yesus akan menjadikan kita berbuah banyak atau penuh bagi Kemuliaan Bapa di Surga. Yoh.14:12-13

KABAR BAIK DARI YESUS KRISTUS ADALAH JAWABAN

Yesaya 61:1-2, menyatakan beberapa hal yaitu

1. Roh Kudus mengurapi, mengutus dan meneguhkan kabar bai
2. Manusia yang dijangkau :
– Manusia yang sengsara dan miskin
– Manusia yang remuk hatinya
–  Manusia yang terikat dan tertawan
–  Manusia yang berduka

Ketika Yesus datang memenuhi nubuatan Yesaya 61, itu berarti Dia datang untuk menjadi jawaban bagi semua persoalan kehidupan manusia.

Yesus menghendaki kita, tubuh-Nya , untuk berbagi kepada orang-orang tersebut dengan cara menyampaikan kabar baik.

ORANG MISKIN DAN SENGSARA

Ada 2 kelompok yaitu orang diluar jemaat dan di dalam jemaat.
§ Untuk orang luar di luar jemaat, sebenarnya Kabar Baik Yesus Kristus adalah obat yang menyembuhkan. Memberi perhatian dan kasih dalam bentuk bantuan.
§ Untuk jemaat yang miskin

Rasul Paulus oleh tuntunan Roh Kudus banyak sekali menuliskan tentang cara membantu jemaat yang miskin, kategori yang dibantu dan berkat yang menyertai bagi orang yang menabur.

KOMITMEN PAULUS BAGI PELAYANAN JEMAAT MISKIN [ Galatia 2:9-10 ]

Gal 2:10 Satu-satunya permintaan mereka ialah supaya kami memperhatikan orang miskin. Dan saya justru senang melakukan hal itu. [BIS ]

Orang miskin ini ialah jemaat yg miskin, dimana pada waktu itu lebih banyak di
Yerusalem. [ Roma 15:26-28 ]

Jadi dalam setiap tempat yang dirintis oleh pelayanan Paulus, dia selalu mengajarkan kepada jemaat yang baru itu untuk memberi bagi orang miskin. Jemaat-jemaat Makedonia adalah jemaat-jemaat yang sangat miskin namun mereka ikut memberi bagi jemaat miskin di Yudea/Yerusalem.

MEMBERI KEPADA SAUDARA SEIMAN YANG MISKIN

Gal 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
Gal 6:10 Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. 1Joh 3:17 Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya?
1Joh 3:18 Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.
Jak 2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari,
Jak 2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?

TUJUAN MEMBERI KEPADA JEMAAT MISKIN
2 KORINTUS 8:7-15
1. Ikut serta dlam pelayanan kasih [7-8]
2. Mempraktekan iman karena sudah mengenal kasih Karunia Tuhan
[ 9 , Jak.2:15-17]
3. Ada keseimbangan , mencukupi kekurangan [ 13-14 , 2 Kor.9:12 ]
4. Memenuhi Hukum Kristus [ Gal.6:2, Yoh.15: 12,17 ]
5. Membuat banyak ucapan syukur kepada Allah [ 2 Kor.9:12 ]

BERKAT MEMBERI DENGAN KERELAAN HATI [ 2 KOR.9:7 ]

1. Menjadi orang yang lebih bahagia Kis.20:35
2. Memberi sama dengan menabur benih dan mengalami hukum tabur tuai 2 Kor.9:6
3 Menjadi diperkaya dalam segala kemurahan hati [ 2 Kor.9:8-15 ]

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.