9 August 2016 - Khotbah

GOD HEARS US

Suara Gembala Agustus 2016

GOD HEARS US
[ Allah mengabulkan doa kita ]
1 Yohanes 5:14-15

PENDAHULUAN

Terpujilah Bapa di surga, Bapa yang baik dan penuh kasih karunia, oleh anugerah-Nya , kita sekarang memasuki bulan Agustus. Pada bulan Juli yang lalu kita telah diberkati oleh firman-Nya, kita telah belajar untuk memiliki keyakinan di hadapan Allah. Hati kita perlu diperhatikan lebih serius lagi dalam hubungannya dengan Tuhan. Hati yang merdeka membawa kita dalam keberanian untuk mendekat kepada Allah.
1 Jn 3:21 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah, Di bulan Agustus ini kita akan belajar firman Tuhan tentang God Hearsus atau Allah mengabulkan doa kita. Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya di muka bumi ini telah melakukan banyak eksplorasi-eksplorasi atau penggalian-penggalian untuk menemukan apa yang berharga. Contohnya kisah manusia dalam mengexplorasi sesuatu yang berharga :

1. Menggali Kerak Bumi
Kisah terdalam manusia menggali bumi terjadi di daerah Uni soviet yaitu daerah yang bernama Kola, ini merupakan lubang yang terdalam yang pernah dibuat manusia. Ukurannya 9 inci [22,5 cm ] dalamnya lebih dari 12,262 kilometer ( 7,5 mil) menembus kerak bumi. Total waktu yang diperlukan untuk sampai ke kedalaman tersebut adalah 24 tahun, sampai akhirnya dihentikan pada tahun 1994.
2. Tambang Emas
Tambang emas AngloGold Ashanti Mponeng, yang terletak di sebelah barat daya Johannesburg di Afrika Selatan, saat ini merupakan tambang yang paling dalam di dunia. Kedalaman operasi di tambang Mponeng berkisar antara 2,4 km hingga lebih dari 3,9 km di bawah permukaan pada akhir 2012. Ekspansi berkelanjutan telah mengakibatkan penggalian yang lebih dalam di Mponeng sehingga melampaui rekor yaitu 4 kilometer.
3. Palung Laut
Mariana Trench atau Palung Mariana adalah perairan yang terdalam di dunia. Lokasinya berada di barat Samudera Pasifik sampai ke timur Pulau Mariana. Palung ini memiliki panjang 2.550 kilometer dan lebar 63 kilometer. Kedalamannya mencapai maksimal 10.994 meter, di spot yang diberi nama Challenger Deep, di sisi selatan. Meski begitu, ada juga yang menyebut kedalaman palung ini mencapai 11.000 meter.
Begitu dalamnya sampai-sampai tekanan air di dasarnya sangat tinggi. Tim peneliti dari Oceanlab Universitas Aberdeen, Skotlandia, yang baru-baru ini meneliti di perairan itu, menyebutkan tekanan air yang setara dengan himpitan 1.600 ekor gajah yang berdiri di atap sebuah mobil kecil. Sedangkan temperaturnya mendekati nol derajat celcius.

4. Angkasa Luar
Voyager 1 adalah sebuah pesawat antariksa nirawak yang diluncurkan pada 5 September 1977 dan sampai sekarang masih beroperasi di luar adalah terjauh buatan manusia objek dari Bumi. Dan saat ini telah menempuh jarak 11,7 miliar kilometer dari Bumi. Saat diluncurkan, tujuan utama Voyager 1 adalah menyelidiki Jupiter dan Saturnus serta cincin dan bulan kedua planet tersebut. Sekarang, Voyager 1 sedang menyelidiki heliopause dan medium antar-bintang. Pesawat antariksa terbaru New Horizons sampai di Planet Puto menempuh 5 miliar kilometer selama 9 tahun.

Dari ke-4 kisah di atas , kita dapat mengetahui bahwa manusia yang telah mengexplorasi dengan kepandaiannya untuk mengetahui dan mengetahui benda-benda yang diciptakan oleh Allah .

A. MENCARI TUHAN

Alkitab mengajarkan kepada kita untuk mencari Tuhan,
1Tawarikh 16:10 Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!
1Tawarikh 16:11 Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!
Yesaya 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!
Mazmur 27:8 Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Mencari Tuhan dan mencari wajahNya adalah kata-kata yang menggambarkan bahwa kita diperintahkan untuk berdoa. Ada banyak kisah di dalam alkitab yang menceritakan tentang manusia yang berdoa dan ada banyak yang dicatat juga hasil doa-doa manusia dan bagaimana doa-doa manusia mendatangkan campur tangan Allah pada kehidupan manusia di bumi, seperti yang tercantum dalam doa Bapa Kami, dimana surga hadir di bumi.

1. JALAN KE SURGA TELAH RATA

Di bulan Agustus ini saya ingin memotivasi / mendorong / menggerakkan jemaat agar lebih banyak berdoa. Apapun persoalan atau masalah yang sedang dihadapi, janganlah semua itu membuat kita menjadi kendor berdoa atau enggan berdoa atau tidak berdoa. Tuhan Yesus telah memproklamirkan kepada kita bahwa kita TIDAK BOLEH jemu atau bosan atau putus asa atau merasa tidak layak untuk berdoa, karena Dia telah membuka jalan baru agar setiap orang dapat menghampiri Allah di dalam doa-doanya.

Luk 18:1 Setelah itu Yesus menceritakan sebuah perumpamaan untuk mengajar pengikut-pengikut-Nya supaya mereka selalu berdoa dan jangan berputus asa. [BIS]
Ibr 10:19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus,
Ibr 10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,
Ibr 10:21 dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah.
Ibr 10:22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

Jalan menuju Allah di dalam doa sudah terbuka dan rata. Tidak akan ada lagi halangan atau rintangan karena darah Yesus telah dicurahkan dan tabir yang menjadi penghalang antara Allah dan manusia telah dirobek dari atas sampai ke bawah .
Mat 27:51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah…
Ibr 10:20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri,
Robeknya tabir yang membatasi ruang kudus dan maha kudus membuat tidak ada lagi penghalang untuk setiap manusia menghampiri Allah.

Marilah kita semua datang :

a) Menghampiri Allah dengan penuh keberanian [Ibr 10:19]
b) Menghampiri Allah dengan tulus iklhas dan iman yang teguh [ Ibr 10:20]
c) Karena Yesus selalu ada untuk kita [ Ibr 10:21 ]

2. TAHTA KASIH KARUNIA

Alkitab mengajarkan beberapa jenis tahta dan kita perlu mengetahuinya agar kita mengerti mengapa kita harus berdoa .
Jenis Tahta dalam alkitab :

a) Tahta Pengadilan Kristus
2Kor 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan [ Yunani : Bema ] Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.
Tahta ini digambarkan seperti dalam pertandingan olah raga, dimana pemenang menerima piala atau upah atau hadiah. Artinya orang Kristen harus sungguh-sungguh karena mereka akan mendapat upah dalam perjalanan imannya di dalam Tuhan.

b) Tahta Putih Besar
Wahyu 20:11 Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
Wahyu 20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
Wayu 20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
Wayu 20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
Wahyu 20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

Tahta ini adalah tahta pengadilan untuk orang yang namanya tidak tertulis dalam kitab kehidupan yaitu orang yang tidak percaya kepada Yesus Kristus Tuhan dan akan dibuang ke dalam lautan api yang tidak pernah padam.
Setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus tidak lagi ada dalam penghukuman.
Rom 8:1 Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.

c) Tahta Kasih Karunia

Ibr 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Karena Kristus dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita (ayat Ibr 4:15), kita dapat dengan penuh keberanian menghampiri takhta sorgawi, karena mengetahui bahwa doa dan permohonan kita diterima dan diinginkan oleh Bapa di sorga (bd. Ibr 10:19-20). Tempat itu disebut "takhta kasih karunia" karena dari takhta itu mengalir kasih, pertolongan, kemurahan, pengampunan, kuasa rohani, pencurahan Roh Kudus, karunia-karunia rohani, buah roh, dan semua yang kita perlukan dari Allah. Salah satu berkat terbesar dari keselamatan ialah bahwa Kristus kini merupakan Imam Besar kita yang membuka jalan langsung ke hadapan Dia sehingga kita selalu dapat meminta bantuan yang kita perlukan. Ke tempat inilah Yesus mengajak kita untuk datang.

B. ALLAH MENDENGARKAN DOA KITA

Orang Kristen mengalami banyak kendala di dalam doanya dan tidak sedikit yang menjadi tawar atau sudah tidak berdoa. Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam sebab yang dialami dalam kehidupannya. Saya mencoba untuk mencari penyebab-penyebab mengapa orang Kristen kurang menyukai dan mengalami doa.

Penyebabnya dapat dikarenakan :
• Belum Lahir baru [ menjadi orang Kristen karena kelahiran, ikut-ikutan dsb ]
• Sudah lahir baru, hidup dalam dosa [ tidak mau mengampuni, melakukan dosa, tidak bertekun, tidak berdoa dsb ]
• Sudah berdoa tetapi belum melihat jawaban atas doa-doanya sehingga menjadi kurang berdoa, salah dalam motivasi doanya.
• Tidak mengerti apa yang aklitab ajarkan tentang berdoa yang dikabulkan oleh Allah.
Setiap kali kita berdoa, kita harus tahu bahwa hasil doa adalah sebuah jawaban. Ketika kita tahu hal ini, kita harus menyadari bahwa ini lebih besar dibandingkan dengan berkat, kesembuhan, kelepasan dan terobosan.
JIka kita mendengar dari Allah, kita akan tahu ketika berdoa, apa yang kita minta, karena kita katakan ,kita adalah orang Kristen, itulah sebabnya kita berdoa.

1. PRINSIP ALLAH MENJAWAB ATAU MENGABULKAN DOA
a. Permohonan HARUS SESUAI dengan FIRMAN-NYA atau KEHENDAK-NYA.
1Yoh 5:14 Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.
Inilah pernyataan alkitab atau isi hati Tuhan kepada kita bahwa permohonan kita akan dikabulkan atau dijawab JIKA kita memintanya sesuai dengan kehendak-Nya atau Firman-Nya.
Prinsip ini tidak dapat diubah karena Allah dan Firman-Nya ada satu. Ketika kita mengetahui bahwa Allah menjawab doa yang sesuai dengan kehendak-Nya, kita harus mencintai FirmanNya[ Alkitab ], membaca dan merenungkannya atau ber ‘ hagah ‘, memsaukan Firman-Nya ke dalam hati kita.
Kita HARUS BERDOA SESUAI DENGAN FIRMANNYA.

b. Kita TELAH menerima jawaban doa
1Jn 5:15 Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya. ‘
Saat doa yang dipanjatkan SUDAH sesuai dengan kehendak-Nya atau Firman-Nya, maka Allah memberitahukan kepada kita bahwa Ia telah mendengarnya dan mengabulkannya dan Ia mengatakan bahwa kita TELAH menerimannya.
Hal ini juga sama dengan apa yang Yesus katakan tentang doa :
Mar 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.
Pengertian ini jangan sampai membingungkan saudara, bagaimana mungkin secara jasmani belum menerimanya, sudah harus mengatakan telah menerimanya.
Inilah yang Yesus ajarkan bahwa saat kita berdoa sesuai dengan kehendakNya, kita haru tahu bahwa itu sudah dikabulkan dan kita sudah menerimanya. Dan Yesus mengatakan sebelum kata ‘ telah menerimanya’ Yesus mengatakan PERCAYALAH.

c. Mintalah dalam IMAN
Jakobus 1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

Iman membuat kita telah menerima walaupun belum melihat di alam natural. Oleh sebab itu jangan selalu mendasarkan iman kita dengan bukti secara lahiriah setelah berdoa, karena jika kita tidak mendapatkannya , kita akan berkata, “ Saya tidak punya iman , sebab itu saya tidak dapat membuktikannya “. Ketika kita mengatakan seperti itu , kita segera menjadi orang yang tidak percaya. Ini adalah TRIK dari SETAN yang sering digunakan . Setan menggunakan ini untuk membawa kita lebih dekat kepadanya. Jika kita tahu , kita mendengar dari Allah sesudah berdoa, kita tidak akan dikecewakan, karena kita berdoa sesuai dengan kehendak-Nya.

2. MY HOME IS HEAVEN [ RUMAHKU DI SURGA ]
Joh 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Joh 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
1Tes 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
1Tes 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Setiap kita mengetahui bahwa Allah Bapa di surga telah menyediakan tempat di surga bagi kita yang percaya kepada Tuhan Yesus. Jadi tujuan perjalanan kit adalah Surga .
Kita harus belajar mendengar kata ini supaya kita sampai ke surga yaitu STOP DAN LANJUT. Kata “ STOP “ artinya jangan lakukan, buang, jangan digunakan, bukan untukmu, dsb Kata “ LANJUT “ artinya kerjakan lagi, tetaplah , jangan berhenti, tidak jemu/bosan, fokus, selesai. Allah Bapa ingin kita mengerti hal ini dalam hal doa kita : Tidak ada nya jawaban doa artinya
➢ Ia ingin agar keinginan kita menjadi lebih sungguh-sungguh lagi
➢ STOP, hal ini terjadi agar hal yang lebih baik terjadi pada kita
➢ Hal ini menolong kita untuk tidak complain kepada Allah, karena kita tidak dapat memerintah Dia, Dialah yang memerintah kepada kita.
➢ Kita perlu bertanya hal-hal khusus kepada Allah dalam doa kita
Jika tujuan kita adalah surga dan rumah kita dalah surga, , Allah mempunyai cara untuk men” stop “ kita sehingga kita tetap menjadi ahli waris kerajaan surga.
Allah akan memakai apa saja termasuk hal-hal yang kelihatannnya bodoh, bahkan hal-hal yang kita tidak sukai, agar kita TIDAK KEHILANGAN SURGA.
Rom 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Sesuatu akan men” stop “ kita tiba-tiba, sehingga kita dapat melihat dan berjalan dengan cara yang benar. Allah Bapa menghendaki agar saat kita meminta kepada-Nya tentang segala kebutuhan kita, hal ini tidak membuat kita kehilangan surga.

JADI ,
JANGAN HAKIMI HIDUP KERISTENAN-MU OLEH KARENA KEADAANMU
JANGAN DASARI IMANMU DENGAN BUKTI NATURAL SESUDAH BERDOA

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.