13 February 2013 - Khotbah

APA YANG TERJADI JIKA IMAN DISERTAI DENGAN PERBUATAN ?

APA YANG TERJADI JIKA IMAN DISERTAI DENGAN PERBUATAN ?

(What happens if a faith accompanied by deeds ? )

Yakobus 2 : 1-26

PENDAHULUAN

Pada bulan Januari 2013, kita sudah belajar tentang Everything Is Possible For The Person who Believes ! Tuhan Yesus menghendaki kita hidup dengan selalu percaya kepadaNya dan kepercayan kita kepadaNya dapat terlihat  melalui perkataan atau perbuatan kita. Kita sudah belajar tentang 4 unsur percaya yaitu ketika kita berkata,”aku percaya,maka itu berarti dalam hati kita berkata,”Allah itu benar dan dapat dipercaya, Aku dapat mempercayakan diriku kepada Allah , Aku mau hidup dalam ketaatan kepada Allah dan hidup dengan setia kepadaNya. Saat ini kita mau belajar lagi satu hal yang penting tentang hidup percaya yaitu Apa Yang Terjadi Jika Iman Disertai Dengan Perbuatan ?

YANG SERING KITA DENGAR BERULANG-ULANG KALI

Iman itu mati jika tidak disertai dengan perbuatan ! Ini Statement yang benar

Yakobus 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Yakobus  2:26  Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Iman itu kosong jika tidak disertai dengan perbuatan ! Ini Statement yang benar

Yakobus 2:20  Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Iman itu menjadi tidak sempurna jika tidak disertai dengan perbuatan ! Ini statement yang benar.

Yakobus 2:22  Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna.

LALU, APA YANG TERJADI JIKA IMAN DISERTAI DENGAN PERBUATAN?

:lol:  SWEAR – SUMPAH !! KAMU PASTI DIBERKATI BERLIMPAH-LIMPAH

Abraham menerima berkat yang berlimpah-limpah dari Tuhan ,bahkan Tuhan sampai sumpah kepada diriNya sendiri (karena tidak ada yang lebih tinggi dari Dia ) .

Kejadian 22:15 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,

Kejadian 22:16 kata-Nya: “ Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri –demikianlah firman TUHAN–:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan  untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

Kejadian 22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan  membuat keturunanmu sangat banyak  seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut,dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

Kejadian 22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat     ,karena engkau mendengarkan (mentaati ) firman-Ku.”

Pengertian kata “ SUMPAH “

1. Pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan  kesungguhannya dsb): perkataannya itu dikuatkan dng –;

2. Pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar;

3. Janji atau ikrar yang teguh (akan menunaikan sesuatu),

KAMU TIDAK AKAN DIPERMALUKAN

Alkitab banyak mencatat tentang janji Tuhan bagi kita bahwa Dia akan membela kita yang percaya kepadaNya dan kita tidak akan dipermalukan.

Rom 10:11  Karena Kitab Suci berkata: “Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.”

Setiap orang yang percaya (pisteuo ) kepada Tuhan tidak akan dipermalukan, artinya apa yang kita akui dan percayai dalam Tuhan, Tuhan sendiri akan meneguhkan dan membela kita sehingga kita tidak mendapat malu. Ketakutan kita tentang apa yang dikatakan orang terhadap apa yang kita percayai menjadi hilang , ketika kita mengerti pembelaan Tuhan kepada kita.

KAMU AKAN MENERIMA UPAH

Penulis kitab Ibrani oleh ilham Roh Kudus menuliskan dengan jelas tentang iman yang disertai perbuatan selalu menghasilkan upah.

Ibrani 11:6  Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Iman menjadi kunci bagi seseorang untuk mendapatkan perkenanan Allah. Dan bukan hanya perkenanan , Alkitab juga menyatakan dimensi yang luas dari iman , ketika seseorang berpaling dan percaya kepada Allah, orang itu harus menyadari dan percaya bahwa Allah itu ADA dan ALLAH memberi upah. Jika kita hidup dalam iman dan kita melakukan apa yang kita imani, kita akan mendapat upah.

Rasul Paulus berkata dalam 1 Korintus 15:56, jerih payahmu tidak sia-sia!

1Kor. 15:58  Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Kejadian 15:1  Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: “Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar .”

Luk 6:35  Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

2Yoh.1:8  Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.

Khotbah Minggu : Pdt Wilan

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.