1 February 2011 - Pengajaran

Apakah orang Kristen memerlukan pelepasan ?

Salah satu kejadian paling awal dalam pelayanan Yesus adalah pelayanan mengusir roh-roh jahat. Dan pelayanan ini justru dilakukan disebuah rumah ibadat di Kapernaum (Mrk 1: 21-26). Hal ini menyatakan bahwa orang yang kerasukan roh jahat itu biasa beribadah dirumah ibadat tersebut. Namun rupanya tidak seorangpun mengetahui bahwa ia membutuhkan kelepasan dari roh jahat. Mungkin orang itu sendiri juga tak menyadarinya. Urapan Roh Kudus atas diri Yesus telah memaksa roh jahat itu muncul. …lalu pergilah Ia keseluruh Galilea dan memberitakan injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan. Markus 1:39 Orang-orang yang dilayani Yesus sebagian besar adalah orang-orang Yahudi yang taat beribadah dan setiap hari sabat berkumpul dirumah ibadat. Orang-orang yang ditolong Yesus itu umumnya adalah orang-orang normal, terhormat dan agamawi. Meskipun demikian ternyata dihinggapi oleh roh-roh jahat. Dan yang perlu diingat bahwa peraturan etika dan moral dikalangan Yahudi pada masa Yesus didasarkan pada sepuluh perintah Allah dan taurat Musa.

Ini artinya sebagian besar dari mereka kemungkinan memiliki pola hidup lebih baik dari sebagian besar masyarakat kita dewasa ini. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa dalam masyarakat kristen sekarang inipun terdapat banyak orang semacam itu. Setia beribadah tapi sejumlah segi dari kepribadian telah dikuasai oleh roh-roh jahat, sehingga mereka tidak mampu mengendalikan sepenuhnya diri mereka sendiri. Sebagaimana orang-orang yang dilayani Yesus pada masanya, Orang-orang yang seperti itu juga pada saat sekarang memerlukan pelepasan.

 Ada 2 keadaan yang membuat seorang Kristen perlu melakukan pengusiran setan-setan:

1. Setan-setan sudah ada dalam diri sesorang sebelum ia menjadi orang Kristen.

Ketika menjadi orang Kristen seperti yang dimaksud dalam Yohanes 1:11-13, Markus 16:15-16 maka dosa–dosa kita diampuni dan kita dijadikan anak-anak Allah. Barang siapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu. Galatia 5:24 Penyembuhan untuk daging adalah penyaliban. Melalui pengorbanan Yesus dikayu salib, ia telah membatalkan kuasa dosa atas sifat kedagingan kita. Paulus menyatakan hal itu sebagai sesuatu yang sudah terjadi. …manusia lama kita telah turut disalibkan (bersama Yesus). Roma 6:6 Tetapi kita masing-masing harus menerapkan salib itu secara pribadi pada sifat kedagingan seperti yang dilakukan oleh rasul Paulus dalam Galatia 2:19-20. Penyaliban memang menyakitkan. Manusia lama kita disalibkan didalam Yesus, agar “ manusia baru” dapat hidup dalam diri kita. Sedangkan penyembuhan untuk masalah-masalah setan-setan adalah dengan cara mengusirnya bukan menyalibkannya. Masalah kedagingan bukan diusir tapi penyaliban.

 2. Apabila setan-setan masuk setelah seseorang menerima Keselamatan.

Menyimpulkan bahwa orang yang sudah lahir baru tidak lagi jadi sasaran penindasan setan adalah sikap yang naif. Sebaliknya iblis justru akan meningkatkan tekanannya terhadap kita setelah kita menjadi Kristen, khususnya bila kita menjadi ancaman serius bagi kerajaannya. Iblis akan menggandakan tekanannya terhadap orang-orang yang menjalin ikatan yang erat dengannya. Ada banyak peringatan untuk orang Kristen agar waspada terhadap serangan iblis. Efesus 4:27, 1 Petrus 5:8-9 Pengamanan yang dapat kita lakukan adalah berjaga-jaga setiap waktu dan menolak secara tegas semua tekanan dan penyesatan setan yang hendak menyerang kita. Hidup dalam ketaatan dan kekudusan, juga merupakan perlindungan. (Lukas 6:46, Keluaran 12:22)

(sumber : Mereka akan mengusir setan-setan, Derek Price Ministries Indonesia, 2000)

Komentar

YUVITA - 2013-06-25 10:15:26
Saya berharap keterangan tersebut dapat menguatkan saya, karena ini adalah masalah serius bagi saya. kutukan nenek moyang terus melekat pada saya. saya sudah mencoba melakukan pelepasan tapi tetap saja tidak bisa.Dan itu semua terasa sulit walaupun saya berusaha. tapi terkadang saya melakukan sesuatu melainkan bukan diri saya sendiri. Saya merasa dikendalikan dan saya tidak ingin melukai diri sendiri maupun orang lain. Saya berharap kiranya anda yang membaca pesan ini dapat menolong saya bukan hanya dengan kata-kata. Tapi perbuatan, karena iblis yang melekat pada saya adalah legion, abalam dan bazebul. Saya dapat merasakan mereka dan saya berusaha utk lepas dari mereka. Jadi saya benar-benar meminta pertolongan dari anda.
NEO - 2013-06-25 11:04:39
Shallom yuvita.. Yuvita bisa konseling ke gereja GBI ELSHADDAI, jl.Prof.M.Yamin No 1A, kotabaru setiap hari selesa - jumat pukul 08.00 - 16.00 wib dan sabtu 08.00 - 14.00 wib.. Kami akan membantu yuvita untuk dipulihkan. GBU
*maikel - 2013-12-23 10:29:51
saya juga mengalami hal2 yang sodari yuvita rasakan, gimana dengan GBI Ellshadai batam di mana lokasinya, saya mau hidup baru. Please bantu saya karena udah didoain pada saat KKR juga masih melekat.
NEO - 2013-12-26 09:06:56
shallom bapak/sdr maikel...GBI Elshaddai di daerah batam belum ada cabang. kami akan membantu bpk untuk terus melekat dengan...gbu

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.