7 December 2011 - Khotbah

Baptisan

BAPTISAN

Nats : Roma 6:3-4

Baptisan dikenal sebagai ritual inisiasi Kristen yang melambangkan pembersihan dosa. Baptisan juga melambangkan kematian bersama Yesus. Dengan masuk ke dalam air, orang yang dibaptiskan itu dilambangkan telah mati. Ketika ia keluar lagi dari air, hal itu digambarkan sebagai kebangkitannya kembali. Rasul Paulus dalam Surat Roma melukiskannya demikian: “Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.” (Roma 6:3-4)

Dalam bahasa Yunani, kata “Bapto” artinya “mencelupkan di dalam atau dibawah” atau bisa juga berarti mencelupkan bahan-bahan untuk memberi warna baru. Sedangkan “Baptizo” bisa berarti “membenamkan”, “menenggelamkan” atau “membinasakan”. Tetapi, baptizo juga bisa berarti “masuk dibawah” atau “dipengaruhi”.

Jelaslah disini bahwa apabila seorang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamatnya, maka ia harus mengalami suatu kehidupan yang baru. Cara satu-satunya untuk memasuki hidup baru bersama Yesus Kristus adalah dengan jalan kematian dan kelahiran kembali dalam arti rohani. Tegasnya, kematian dari segala sifat kehidupan yang lama dan kelahiran dalam segala sifat kehidupan yang baru, dan kedua proses itu dinyatakan dengan baptisan. Atau setelah seorang telah menguburkan di dalam air baptisan segala kehidupan lamanya yang penuh dengan dosa itu, maka ia pun bangkit keluar lagi dalam air baptisan itu sebagai manusia baru, yang selanjutnya ia memulaikan suatu kehidupan yang seluruhnya baru !

Kolose 2:12

karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Saat ini kita akan belajar nilai dari baptisan

Kata kunci : Ada 6 esensi dari baptisan.

Dalam Markus 16:16, Yesus berkata, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.” Menurut perkataan Yesus ini, siapa yang akan diselamatkan? Seorang yang percaya sajakah? Tidak, seorang yang dibaptis sajakah? Tidak, tetapi seorang yang percaya dan dibaptiskan.

Di dalam Perjanjian Baru ada setidaknya 6 ayat yang didalamnya menyebutkan;

(1) Baptisan dan

(2) Keselamatan atau penerimaan berkat dari Tuhan.

Nilai  Pertama :  Markus 16:16 –> Dibaptiskan –> Akan diselamatkan

* Markus 16:16

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Nilai Kedua : Kisah 2:38 –>Dibaptiskan –> Pengampunan dosa

* Kisah 2:38

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Nilai Ketiga : Kisah 22:16 –> Dibaptiskan –> Membasuh dosa-dosa bersih

* Kisah 22:16

Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!

Nilai Keempat : Roma 6:3, 4 –> Dibaptiskan –> Ke dalam Kristus, untuk kehidupan baru.

* Roma 6:3, 4

6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Nilai Kelima : Galatia 3:27 –> Dibaptiskan –> Ke dalam Kristus.

* Galatia 3:27

Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Nilai Keenam : 1 Petrus 3:21 –> Baptisan –> Yang sekarang menyelamatkan

* 1 Petrus 3:21

Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan — maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah — oleh kebangkitan Yesus Kristus, Baptisan adalah kesaksian dari apa yang terjadi di dalam kehidupan orang percaya. Baptisan melukiskan identifikasi orang percaya dengan kematian Kristus, penguburanNya dan kebangkitanNya. Alkitab menyatakan, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru (Roma 6:3-4). Dalam baptisan, dimasukkan ke dalam air menggambarkan dikuburkan dengan Kristus. Keluar dari air menggambarkan kebangkitan Kristus.

Dalam upacara baptisan ada dua persyaratan sebelum seseorang dibaptiskan:

(1) orang yang dibaptis harus sudah percaya pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat,

(2) orang itu harus mengerti apa makna dari baptisan.

Jikalau seseorang mengenal Yesus sebagai Juruselamat, memahami bahwa baptisan adalah langkah ketaatan dalam memperkenalkan imannya kepada Kristus secara terbuka, dan ingin dibaptiskan, maka tidak ada alasan untuk menghalangi orang percaya tsb dari menerima baptisan. Menurut Alkitab, baptisan adalah langkah ketaatan, pernyataan iman seseorang secara terbuka bahwa dia percaya kepada Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan. Baptisan adalah sesuatu hal penting karena itu adalah langkah ketaatan, pernyataan iman kepada Kristus secara terbuka dan komitmen kepadaNya, dan menyamakan diri dengan kematian, penguburan dan kebangkitan Kristus.


Komentar

Pdt. Sonny Zakharia LOmbu,S.Th.,S.Pd.K - 2013-10-14 15:45:46
Shallom Pk Pdt. Saya Pdt.Sonny Zakharia Lombu,S.Th.,S.Pd.K mau bertanya adakah P.Pdt buku Panduan pengajaran BAPTISAN AIR?tlglah P.Pdt dikrimkan buat bahan katekisasi di gereja yang saya layani.tks u/ sebelumnya Tuhan Yesus Memberkati
NEO - 2013-10-16 08:45:58
shallom bpk pdt.sony..boleh saya tau bapak greja dmana ya pak..gbu
Pdt. Sonny Zakharia Lombu,S,Th.,S.Pd.K - 2016-02-06 14:04:38
Gereja Persekutuan Pemberitaan Injil Kristus (GPPIK) alamat : Jln. R.Sujarwo,Gg.Purnajaya No. 22 Mempawah Hilir Kabpaten Mempawah Kalimantan Barat. Terimakasih n TYM
Pdt.Sonny Zakharia Lombu,S.Th.,S.Pd.K - 2016-02-06 21:58:42
Gereja PPIK Jemaat" Bukit Sion" Mempawah.Tks dan TYM
Pdt. Sonny Zakaharia Lombu,S.Th.,S.Pd.K. - 2016-02-10 21:38:14
Shlm P. Pdt. Saya Pdt Sonny Zakharia Lombu dari Gereja PPIK Jemaat"Bukit Sion" Mempawah. Jln. R.Sujarwo,Gg. Purnajaya No. 22 Mempawah Hilir, Kab. Mempawah. mohon bila berkenan untuk mengirimkan bahan materi Baptisan Air. Terima Kasih n TYM.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.