4 December 2012 - Khotbah

BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN

Nats :

Mazmr 25 : 14 “ Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, PerjanjianNya  diberitahukanNya kepada mereka “

Pendahuluan :

Dua minggu yang lalu kita sudah diberitahukan rahasia, mengapa doa – doa Elia berkuasa. Yakobus  5 : 17 – 18 mencatat Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia berdoa agar hujan jangan turun, maka hujan tidak turun. Lalu ia berdoa dan langit menurunkan hujan. Hal itu disebabkan oleh karena :

  1. Elia berdoa sesuai kehendak Tuhan bukan atas keinginannya.
  2. Elia berdoa sungguh – sungguh sampai doa itu dijawab.

Kita harus meneladani sikap Elia, jika Tuhan sudah memberitahukan kepada tahun ini, tahun depan, 2 tahun yang akan datang adalah Tahun Pelipatgandaan, Tahun Mujizat, dan Kesembuhan, maka kita harus mendoakan. Mendoakan dengan sungguh – sungguh sampai hal itu digenapi dan kita alami dalam hidup kita.

Pelipatgandaan kali ini didapat dengan membangun “ Hubungan yang lebih INTIM “dengan Tuhan, itu sebabnya tema khotbah minggu ini “ Bergaul Karib Dengan Tuhan ”. Mazmur 25 :14 “ Tuhan Bergaul Karib dengan orang yang takut akan Dia, PerjanjianNya diberitahukanNya kepada mereka ”.

I.            Berkat yang kita peroleh jika PerjanjianNya diberitahukan:

1.       Diluputkan dari bencana dan diselamatkan.

Kejadian 6 : 9. “Jumlah riwayat Nuh. Nuh adalah seorang yang benar dan tak bercela diantara orang – orang sezamannya : Nuh hidup  bergaul dengan Allah.”

Kejadian 6 : 18. “Tetapi dengan engkau Aku akan mengadakan perjanjian – Ku, dan engkau akan masuk ke dalam bahtera itu  : engkau bersama –  sama dengan anak – anakmu dan isterimu, dan isteri anak – anakmu.”

2.       Meneriman Berkat dan Menjadi Berkat.

Kejadian 12 : 1 – 3. “ Berfirmanlah Tuhan kepada Abram “ Pergilah dari negrimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah Bapamu ini ke negri yang akan Ku tunjukkan kepadamu. Aku akan membuat engkau serta namamu masyur dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang – orang yang memberkati engkau ; dan mengutuk orang- orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum dimuka bumi akan mendapat berkat ”.

3.       Dituntun pada tempat yang tepat dan menerima berkat 100 kali lipat.

Kejadian 26 : 2 – 3 “ Lalu Tuhan menampakkan diri kepadanya serta berfirman : “ Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negri yang akan Kukatakan kepadamu, Tinggallah di negri ini sebagai orang asing, Maka Aku akan menyertai dan memberkati engkau, sebab kepadamulah dan kepada keturunanmu akan Kuberikan seluruh negri ini, dan Aku akan menepati sumpah yang telah Ku ikrarkan kepada Abraham, ayahmu ”.

Ada banyak kisah –kisah di Alkitab tentang orang – orang yang diberitahukan perjanjian – perjanjian Nya., dan mereka menjadi orang – orang yang diberkati oleh Tuhan. Dan Allah bergaul Karib serta memberitahukan perjanjian Nya kepada orang – orang yang TAKUT AKAN DIA.

 II.            Siapakah Orang Yang Takut Akan Dia ?

1.       Mentaati apa yang diperintahkan oleh Tuhan.

Kejadian 22 : 12 “ Lalu Ia berfirman ; “ Janganlah bunuh anak itu dan jangan kau apa – apakan dia, sebab telah Ku ketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan – segan menyerahkan anakmu yang tunggal kepada Ku ”.

2.       Beribadah kepada Tuhan denga tulus ikhlas dan setia.

Yosua 24 : 14 “ Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada Tuhan ”.

3.       Saleh, Jujur, dan Menjauhi Kejahatan.

Ayub 1 : 1 “ Ada seorang laki – laki ditanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan ”.

4.       Bertindak Adil.

II Taw 19 : 6,7 “ Berpesanlah ia kepada hakim – hakim itu ; “ Pertimbangkanlah  apa yang kamu buat, karena bukanlah untuk manusia kamu memutusakan hukum, melainkan untuk Tuhan, yang ada beserta kamu, bila kamu memutuskan hukum. Sebab itu kiranya kamu diliputi oleh rasa takut kepada Tuhan. Bertindaklah dengan seksama, karena berlaku curang, memihak atau menerima suap tidak ada pada Tuhan, Allah kita ”.

5.       Menyucikan Diri dari Pencemaraan Jasmani dan Rohani.

II Kor 7 : 1 “ Saudara – saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji – janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah ”.

Pengkotbah : Pdt. Sandra Wilan

 

 

Komentar

hiro venus pelu - 2013-03-23 07:04:38
trimakasih buat Firmannya,,,.
berkat - 2013-11-14 16:03:24
jesus is love Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan didorong cinta akan Tanah Air Indonesia, kami deklarasikan : 1. Kami bangsa Indonesia bertaqwa kepada Tuhan, memuji, menyembah dan mengagungkan Tuhan di atas segala tuhan.Memiliki kerinduan yang besar akan kebenaran dan mengalami jamahan Tuhan yang dahsyat. 2. Perlindungan Tuhan atas negeri kami sehingga tudung kebenaran dan damai Tuhan menguasai atmosfer di seluruh Indonesia.Negeri kami dikelilingi dengan tembok perlindungan Ilahi sehingga tidak ada bencana alam, kerusuhan dan kejahatan serta pengaruh kegelapan yang bisa terjadi dan mendekati Indonesia. 3. Perjanjian antara Tuhan dengan bangsa Indonesia diteguhkan kembali. Semua yang sudah kami deklarasikan dan lakukan atas perintah Tuhan untuk kebaikan dan kesejahteraan negeri kami sedang digenapi. Semua kutuk nenek moyang, perjanjian dengan kuasa kegelapan sudah dipatahkan dan segala bentuk hutang darah sudah dihapuskan. 4. Pemulihan total melanda Negeri dan Bangsa Indonesia sehingga bangkit para pemimpin yang takut akan Tuhan, berakhlaq mulia, jujur, dan bertindak benar, memimpin dengan bijaksana dan adil. Sehingga dilahirkan dan ditegakkan hukum, perundangan dan peraturan sesuai kebenaran yang sejati dan cita-cita mulia dari bangsa Indonesia. 5. Orang-orang benar yang takut akan Tuhan memegang kepemimpinan di semua bidang :Pemerintahan, ekonomi, keuangan, hukum, pendidikan, kesehatan, budaya dan media, bisnis, sandang pangan, kekayaan alam dan agama.Mampu mengelola dan mengembangkan semua sumber daya manusia dan alam yang begitu limpah sehingga menjadi yang terunggul di dunia.Semuanya dipakai untuk kesejahteraan dan kemajuan umat manusia. Mampu mewariskan kekayaan dan kemakmuran kepada generasi berikutnya. 6. Indonesia aman, damai, dan bersatu. Karena semua yang fasik, garang, sombong dan yang merencanakan kejahatan atas negeri ini, dibersihkan sampai ke akar-akarnya. Segala bentuk penjajahan, narkoba, premanisme, kejahatan, korupsi dihapuskan dari bumi Indonesia. 7. Indonesia menggenapkan rencana dan tujuan kekal yang ditetapkan Tuhan dengan masa depan yang penuh harapan.Menjadi negara yang makmur, ternama, terpuji dan terhormat di dunia. 8. Bangsa kami dijamin menggenapkan tujuan Ilahi dengan tuntas dan utuh karena anugerah Tuhan Yang Mahatinggi. Amin ! Ayoo pasukan Tuhan bangkit lah dan deklarasikan untuk negri ini!!!!
berkat - 2013-11-14 15:58:42
aku cinta tuhan yesus aku takut akan tuhan mari best freind kita bangun hidup kita kita jauhi kejahatan dan harus jujur yang tercatat di ayub malam baca alkitab dan harus saat teduh

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.