6 March 2012 - Khotbah

Berkat Dari Mengucap Syukur

BERKAT DARI MENGUCAP SYUKUR

Matius 15 : 30-36 PENDAHULUAN Ketika Tuhan Yesus mengadakan mujizat pelipatgandaan dari 5 roti dan 2 ekor ikan, juga dengan 7 roti dan ikan-ikan kecil, Dia selalu mengawali peristiwa itu dengan mengucap syukur. Mat 15:36 Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Joh 6:9 “Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?” Joh 6:10 Kata Yesus: “Suruhlah orang-orang itu duduk.” Adapun di tempat itu banyak rumput. Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya. Joh 6:11 Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki. Saat ini kita akan belajarfirman Tuhan untuk mendapatkan berkat dari mengucap syukur.

KATA KUNCI : 3 BERKAT DARI MENGUCAP SYUKUR BERKAT

YANG PERTAMA : MENGUCAP SYUKUR ADALAH PINTU GERBANG PERSEKUTUAN DENGAN TUHAN Maz. 100:4 Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, ke dalam pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya dan pujilah nama-Nya! Raja Daud oleh ilham Roh Kudus mengajarkan suatu prinsip bagaimana seorang manusia dapat masuk dalam atmosfir atau dalam persekutuan dengan Tuhan melalui mengucap syukur. Masuk dalam atmosfir Tuhan artinya Tuhan terlibat dalam kehidupan kita. Kita tahu jika Tuhan hadir dan memanifestasikan diriNya kepada kita maka kita akan mengalami Dia dan segala yang ada padaNya. Maz. 118:19 Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN. Maz. 118:20 Inilah pintu gerbang TUHAN, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya. Makin banyak kita mengucap syukur dalam setiap aspek kehidupan kita, makin banyak Tuhan berkarya dalam hidup kita.

Ucapkanlah syukur kepada Tuhan atas :

1. Perkawinan kita ( Suami atau Istri kita )

2. Anak-anak dalam keluarga kita

3. Pemimpin rohani ( Ketua komsel, Gembala )

4. Pelayanan yang Tuhan percayakan

5. Usaha, Bisnis atau Toko kita

6. Kota, Bangsa dan Negara kita, atas masyarakat.

7. Apa saja.

BERKAT YANG KEDUA : MEMBUAT HATI KITA SELALU FOKUS DENGAN TUHAN TIPU DAYA IBLIS Iblis mengunakan segala metode dan strateginya, agar hati dan mata kita tidak selalu tertuju kepada Tuhan Yesus. Iblis dengan tipu dayanya menipu kita supaya kita berfokus hanya kepada diri kita sendiri atau kepada masalah-masalah kita. Ketika kita berfokus pada diri sendiri dan masalah-masalah kita, kita tidak dapat melihat Tuhan dan kondisi ini akan membuat kita mudah menggerutu atau mengeluh atau bersungut-sungut. Iman kita cenderung menurun dan kita menjadi orang yang tidak percaya akan kuasa Tuhan. Kita menjadi lemah dan mudah putus asa. MENGUCAP SYUKUR ADALAH KUNCI UNTUK SELALU FOKUS KEPADA TUHAN Rasul Paulus dalam kitab Ibrani mengajarkan kepada kita untuk selalu melihat kepada Tuhan Yesus. Ibrani 12:1 Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Ibrani 12:2 Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Ibrani 12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa. Mengucap syukur akan memberikan kita kekuatan dalam menghadapi tipu muslihat iblis dan kita menang. Jadi ketika kita bingung dengan masalah kehidupan atau tidak mempunyai kekuatan dalam menghadapi persoalan, mulailah mengucap syukur.

BERKAT YANG KETIGA : MENINGKATKAN KEKUATAN IMAN KITA Neh 8:10 (8-11) …Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!” Neh 8:10 …And do not be sorry, for the joy of Jehovah is your strength. Neh 8:10 … Kegembiraan yang diberikan TUHAN kepada kalian akan menguatkan kalian.” Sebagai manusia, kita membutuhkan kekuatan dari Tuhan dan kunci untuk mendapatkan kekuatan Tuhan , berasal dari hati yang bersukacita. Dan sukacita diperoleh dari hati yang selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Ketika kita selalu bersikap untuk mengucap syukur kepada Tuhan dalam segala aspek kehidupan kita , yang sebenarnya sedang terjadi di dalam diri kita adalah Tuhan sedang mengalirkan kekuatanNya. KUAT SETIAP HARI DENGAN MENGUCAP SYUKUR. 1Tes. 5:18 Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu MENGUCAP SYUKUR ADALAH GAYA HIDUP KERAJAAN ALLAH Kol_3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita. Ibrani_12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.