7 August 2012 - Khotbah

Dipenuhi Roh Kudus

Nats : Efesus 5 : 18 -20

“ Dan Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu PENUH DENGAN ROH, dan berkata – katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung – kidung pujian, dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Ucapkanlah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa Kita ”

Pendahuluan

Ayat – ayat ini Tuhan berikan saat perasaan lagi tidak enak, dan sedang tidak ingin memuji Tuhan. Roh Kudus mengingatkan. “ Jika engkau tidak memuji Tuhan, engkau tidak akan dipenuhi Roh Kudus,” karna Tuhan hadir ( bersemayam ) diatas puji – pujian umat Nya ( Maz 22 : 4 ). Ketika dengar suara Roh Kudus di hati saya, langsung saya mengenakan jubah pujian.

Adalah kehendak Tuhan agar kita senantiasa dipenuhi oleh Roh Kudus, jangan tidak dipenuhi Roh Kudus. Tidak penuh berarti ada ruang yang kosong. Dan setiap tempat yang kosong, jika tidak dipenuhi Roh Kudus, akan menjadi tempat berpijak bagi roh – roh jahat.

Dalam Matius 12 : 43 – 45. Tuhan Yesus memberitahukan dan mengajarakan bagaimana roh – roh jahat itu bisa kembali masuk dalam kehidupan seseorang, oleh karena ia mendapati adanya ruang yang kosong.

Jadi bukan hanya Roh Kudus yang ingin tinggal dalam hidup kita dan menjadikan tubuh ini Bait Allah, tetapi setan – setan juga ingin tinggal dalm tubuh ini. Dan jika setan dapat peluang dan tinggal dalam hidup seseorang, maka keadaan yang buruk akan terjadi dalam kehidupan seseorang.

Itu sebabnya kita harus dipenuhi Roh Kudus. Orang yang dipenuhi  Roh Kudus akan dipenuhi oleh sukacita, kasih, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kelemah lembutan, pemguasaan diri. Jadi jika kita mulai kehilangan sukacita, kasih, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kelemah lembutan, pemguasaan diri, itu merupakan tanda agar kita segera oleh Roh Kudus.

I.    Bagaimana Caranya Agar Kita Senantiasa Dapat dipenuhi Roh Kudus ?

Rasul Paulus melalui ilham Roh Kudus memberitahukan cara agar kita senantiasa ( terus menerus, setiap saat ) dipenuhi Roh Kudus dalam Efesus 5 : 20 ( terjemahan BIS )

“ Pakailah kata- kata dari mazmur, nyanyian pujian, dan lagu rohani dalam percakapan- percakapanmu. Hendaklah kalian dengan hati yang gembira menyanyikan puji – pujian kepada Tuhan. Selalu dan mengenai apapun juga, hendaklah kalian mengucap terima kasih kepada Allah Bapa, atas nama Yesus Kristus, Tuhan kita ”.

  1. 1. Pakailah kata – kata yang membangun

Efesus 4 : 29 “ Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang  baik untuk membangun, dimanapun, supaya mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia ”.

  1. 2. Bernyanyilah dengan hati yang gembira.
  2. 3. Selalu mengucap syukur mengenai apapun juga.

II. Apa Berkatnya Hidup yang Dipenuhi Roh Kudus ?

  1. 1. Mendengar Suara Roh Kudus

–          Kita akan mendapatkan tuntunan- Nya ( Kis 16 : 6 )

–          Kita akan melihat mujizat

–          Kita akan mendapat penghiburan

–          Kita akan mendapat kesembuhan ( Maz 107 )

–          Kita akan mendapatkan kekuatan

  1. 2. Dipenuhi Hikmat Allah ( Kis 6 : 3 )
  2. 3. Dipenuhi Iman ( Kis 6 : 5 )
  3. 4. Melakukan banyak tanda mujizat ( Kis 6 : 8 )
  4. 5. Punya kuasa untuk mengampuni ( Yoh 20 : 23 )
  5. 6. Hidup Sehat ( Rom 8 : 10 – 11 )
  6. 7. Siap untuk menyambut kedatangan Yesus yang ke 2 kali ( Mat 25 : 1 – 13 )

Pengkotbah : Pdt.Sandra Wilan

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.