1 February 2011 - Khotbah

Khotbah Ibadah Minggu 30 Januari 2011

KUNCI UNTUK MENGALAMI HIDUP DALAM JANJI TUHAN

Pendahuluan

Dalam beberapa minggu yang lalu kita sudah diajar tentang mengenal berkat , rahasia menerima berkat,kemenangan dan penuaian,dan minggu lalu juga kita sudah diajar tentang mematahkan kutuk penghalang berkat.Dan hari ini kita belajar bagaimana untuk mengalami hidup dalam janji Tuhan.Musa dan orang-orang israel yang tidak masuk ke tanah Kanaan , itu menjadi bukti bahwa sekalipun mereka hidup dalam Tuhan ternyata mereka tidak mengalami janji Tuhan untuk masuk ke tanah Kanaan.Tahun ini gembala kita menyampaikan Visi tahun ini adalah Tahun Berkat,Kemenangan dan penuaian.Kita pasti ingin semua mengalami janji Tuhan tsb ditahun ini. Saat ini kita akan belajar kunci bagaimana agar kita mengalami hidup didalam janji Tuhan.

Dari segala yang baik yang dijanjikan TUHAN kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi; semuanya terpenuhi.

 1.HIDUP DALAM STANDART ALLAH

Penjelasan : Dunia menawarkan standart hidup yang selalu bertentangan dengan Firman Tuhan.Bahkan anak-anak Tuhan kalau tidak sungguh-sungguh didalam Tuhan , maka akan terbawa dalam pengaruh dunia.Tetapi Firman Tuhan sdh membuktikan bahwa kita mengalahkan dunia dengan ” Iman ” kita. ( 1 Yoh 5 : 4 )

Filipi 4 : 11b – 13

sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.

4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.

4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Artinya :

1.Selalu Libatkan / Andalkan Tuhan dalam segala hidupmu

2.Jangan hanya Fokus kepada hal-hal yang jasmani , tetapi selalu belajar untuk menjadi berkat bagi orang lain dan memikirkan perkara-perkata Illahi ( Mat  6 : 33 )

 Yeremia 17 : 7

17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

17:8 Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

 2.JANGAN PERNAH RAGUKAN TUHAN DALAM HIDUPMU , TETAPI LAKUKAN SESUATU BUAT TUHAN

Penjelasan : Sejalan dengan waktu maka perjalanan iman seseorang seeringkali mengalami ujian-ujian.Tetapi seringkali banyak orang yang tdk mengalami pertumbuhan karena tidak segenap hati percaya kepada Tuhan.Padahal Paulus memberikan satu teladan , bahwa didalam mengikut Tuhan Yesus , paulus tidak pernah ragu , justru dia selalu menyelesaikan segala sesuatu yang Tuhan  percayakan dgn segenap hatinya.

 Filipi 1:21-22

1:21. Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

1:22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah.

 1 Kor 15 : 9-10

15:9 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah.

15:10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

 Artinya :

1, Pastikan bahwa didalam kekristenanmu selalu menghasilkan sesuatu bagi KerajaanNya  

 Yohanes 15 – 16

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

 3.JANGAN PERNAH BATASI TUHAN DALAM SEGALA SITUASI HIDUPMU

Penjelasan : Engkau tidak pernah mengerti semua jalan-jalanNya Tuhan, terkadang Tuhan meminta kita berlari , atau malah sebaliknya kita disuruh berdiam.Tetapi terkadang Tuhan meminta kita melepaskan , sehingga dari semuanya yang terbaik adalah Tuhan ingin sekali memakai hidup kita untuk tujuanNya

 Filipi 3 : 13b – 14

tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

 Amsal 3 : 5-6

3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

 Artinya :

1.Menghadapi Tahun 2011 , jangan dengan mengandalkan pengalaman masa lalumu, konsepmu , paradigma mu. Tetapi belajarlah untuk bekerja sama dengan Tuhan.

 4.HIDUP DALAM CARA PANDANGNYA TUHAN

Penjelasan : Seringkali kali kita hanya melihat Tuhan baik kalau hidup diberkati , tetapi ketika ada masalah, ujian, pergumulan , atau Tuhan ijinkan hal-hal yang tidak enak terjadi kita kadang-kadang menyalahkan Tuhan.Padahal kesesakan itu adalah jalan Tuhan untuk kita naik kelas

 Ayub 42 : 2 dan 5

42:2 “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

42:5 Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

 Artinya :

1. Kalau hidup kita didalam kebenaran, jangan takut dgn segala proses dan kesesakan yg kita alami , karena itu menjadi jalan Tuhan untuk menjadikan kita naik kelas , dan naik kpd Level yg Tuhan sediakan.

 Contoh : abraham , Yusuf , mereka adalah orang-orang yang memiliki cara pandang Tuhan ( Kejadian 50 : 20 )

 Kesimpulan :

Seringkali tanpa kita sadari , justru banyak anak-anak Tuhan yang berjalan ditempat.Sepanjang hidupnya tidak mengalami hal-hal yang terbaik yang Tuhan sediakan. Bukan karena Tuhan lalai , tetapi sikap hati kita yang salah didalam cara pandang , pengetian dan pengenalan akan Tuhan.Tetapi dari semuanya itu diawalin dengan sikap hati yg selalu mengandalkan Tuhan dlm setiap perkara.Selanjutnya Tuhan yg akan terus menuntun langkah-langkah kita sampai kepada Level yg di inginkan Tuhan.

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.