8 February 2011 - Khotbah

Khotbah Ibadah Raya Minggu 6 Februari 2011

MENANG ATAS PERASAAN  RASA BERSALAH

NATS              : WAHYU 12:10-11

Tuhan menciptakan manusia dengan kemampuan hati nurani.  Hati ini menjadi sarana bagi Allah untuk menyatakan kehendakNya.

ALLAH MEMBERIKAN HATI YANG BARU DAN ROH YANG BARU

Yeheskiel  36:26  Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Yeheskiel  36:27  Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Alkitab menyatakan bahwa Allah  akan memberikan hati yang baru dan roh yang baru, agar manusia menjadi pribadi yang taat kepadaNya.

SUARA HATI BERFUNGSI SEPERTI ALARM PERINGATAN

Suara hati kita akan menolong kita ,dia berfungsi seperti alarm atau penentu tingkat awal,  apakah yang kita katakan atau kita lakukan masih dalam jalur yang benar atau tidak. Daud pernah mengalami bagaimana suara hatinya memberikan peringatan,bahwa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan.

1 Samuel 24:1-8, hatinya berdebar-debar sesudah memotong punca jubah Saul.

IMAN YANG KANDAS KARENA HATI NURANI YANG MATI

Paulus mengingatkan Timotius, untuk menjaga suara hati agar tetap bersuara benar. Adalah berbahaya bagi kehidupan iman seseorang, ketika seseorang berusaha mematikan suara hati nuraninya.

1Tim. 1:18  Tugas ini kuberikan kepadamu, Timotius anakku, sesuai dengan apa yang telah dinubuatkan tentang dirimu, supaya dikuatkan oleh nubuat itu engkau memperjuangkan perjuangan yang baik dengan iman dan hati nurani yang murni.

1Tim. 1:19  Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka,

 MENJAGA HATI NURANI TETAP MURNI

Paulus dalam kehidupan dan pelayanannya yang menghadapi berbagai macam penderitaan maupun tuduhan-tuduhan,  berusaha hidup dengan hati nurani yang murni.

Kisah  24:16  Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.

 Ketika kita mengatakan atau bertindak sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, maka hati nurani kita akan mengatakan bahwa itu salah dan mendesak kita untuk segera menyelesaikannya. Saat kita menyelesaikan segala kesalahan kita secara benar, maka kita beroleh damai sejahtera kembali di hati kita.

IBLIS MENGGUNAKAN RASA BERSALAH UNTUK MELUMPUHKAN KITA

Iblis mengetahui tentang kehebatan hati kita ini , diapun ingin menggunakan hati nurani kita untuk melumpuhkan kehidupan rohani kita, dia memakai senjatanya yaitu tuduhan-tuduhan di hati kita sehingga kita hidup dengan rasa bersalah. Tujuannya adalah  agar dapat melumpuhkan , memperdaya, menawan kita didalam tipu dayanya .

DAKWAAN ADALAH SENJATA IBLIS

Wahyu 12:10  Dan aku mendengar suara yang nyaring di sorga berkata: “Sekarang telah tiba keselamatan dan kuasa dan pemerintahan Allah kita, dan kekuasaan Dia yang diurapi-Nya, karena telah dilemparkan ke bawah pendakwa saudara-saudara kita, yang mendakwa mereka siang dan malam di hadapan Allah kita.

Wahyu  12:11  Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

 Kata mendakwa ini mengandung arti :

  1. Menuduhkan hal-hal yang jahat di hati kita.
  2. Mencemarkan pikiran dan perasaan kita dengan kesalahan-kesalahan yang pernah kita perbuat dan yang sudah kita selesaikan dihadapan Allah, seolah-olah tidak ada pengampunan lagi bagi kita.
  3. Menyalahkan , menuduh kita atas tindakan-tindakan kita diluar kendali kita.

Langkah menang dalam mengatasi rasa bersalah ini adalah

1. Datang kepada Tuhan Yesus dan mengakui semua dosa yang kita telah ucapkan atau kita perbuat .

 1Yoh. 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 Kita harus mengerti akan apa yang Yesus telah perbuat bagi kita di kayu salib. Yesus telah mati bagi semua dosa kita  di masa lalu, di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

 Sebuah dosa  diampuni ketika di akui di hadapan Allah.

Pada saat kita ditempelak oleh Roh Kudus , kita merasakan dukacita atau kesedihan, namun dukacita ini sangat baik bagi kita, karena akan membawa kita kepada pertobatan yang benar.

 2 Korintus 7:10 , Dukacita( rasa sedih) karena pertobatan akan membawa kita kepada keselamatan, sedang dukacita ( rasa sedih ) dari dunia menghasilkan kematian.

 2. Jika kita sudah mengakui dosa-dosa kita kepada Allah, lalu di dalam hati kita masih terus merasa bersalah dan kita menjadi sangat menderita , maka ini bukan pekerjaan Allah di hati kita, melainkan pekerjaan Iblis. Iblis menggunakan kesalahan-kesalahan kita , yang sebenarnya sudah kita bereskan dihadapan  Allah, untuk menyudutkan kita dan melumpuhkan kita.

Tindakan apa yang harus kita lakukan jika menghadapi kondisi seperti ini?

Wahyu  12:11  Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut. 

            Tindakan kita untuk menang yaitu

  1. Dengan darah Anak Domba, yaitu semua dosa kita yang telah kita akui di hadapan Allah sudah diampuni dan Allah tidak lagi mengingat segala kesalahan kita.
  2. Dengan perkataan kesaksian yaitu kita harus mengatakan sesuai apa yang Allah sudah katakana dalam firmanNya.

Kita berkata kepada Iblis bahwa semua dosaku telah aku akui di hadapan Allah dan Allah sudah mengampuniku.

Firman Allah berkata dalam :

 1Yoh. 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Allah tidak lagi mengingat segala kesalahanku, firmanNya berkata:

Ibrani  10:17  dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka.”

 3. Usirlah Iblis

Tuhan Yesus memerintahkan kita untuk mengusir atau melawan Iblis (roh-roh jahat).

 USIR IBLIS

Markus  16:17  Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,

Markus  16:18  mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

 LAWAN IBLIS

1Pe 5:8  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

1Pe 5:9  Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.


Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.