27 January 2011 - Bahan Komsel

Manfaat bergabung dalam kelompok sel

MANFAAT BERGABUNG DALAM KELOMPOK SEL

 1.        MEMBANGUN JEMAAT MENJADI JEMAAT YANG KUAT

 Jika saudara bergabung dalam kelompok sel, maka saudara akan mendapat bimbingan rohani yang seimbang. Sebab, di Ibadah Raya saudara mendapat pengajaran Firman serta impartasi visi dari gembala dan hamba-hamba Tuhan, dan di kelompok sel saudara akan belajar melakukan Firman Tuhan (Praktek) yang sudah diajarkan di Ibadah Raya. Jika saudara terus setia melakukannya, maka saudara akan mengalami pertumbuhan rohani yang cepat dan kuat, karena saudara tidak hanya tahu akan firman tetapi juga mengalami kenyataan Firman melalui praktek hidup sehari-hari dalam kelompok sel. Bahkan setelah menjadi anggota kelompok sel, saudara akan diajar, dilatih dan dimuridkan supaya bisa menjadi pemimpin-pemimpin yang dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa. Saudara akan bertumbuh bukan hanya menjadi jemaat biasa tetapi bisa melahirkan dan memimpin banyak pemimpin-pemimpin baru.

 2.        SAUDARA AKAN DIGEMBALAKAN DENGAN LEBIH BAIK

 Penggembalaan yang baik dapat memantau jemaat agar rohaninya bertumbuh dan terpelihara dengan baik. Di gereja. Saudara akan digembalakan secara langsung oleh gembala senior. Gembala senior akan memberikan makanan rohani yang baik dan sehat setiap minggunya. Kemudian di kelompok sel saudara akan digembalakan oleh Pemimpin Kelompok Sel (PKS) masing-masing untuk mempraktekkan Firman Tuhan yang didapat dari gembala senior. Sebab tidak mungkin gembala senior memperhatikan satu persatu setiap jemaatnya, tetapi sistem kelompok sel akan membuat penggembalaan menjadi lebih baik karena setiap orang akan memiliki pemimpin rohani yang memperjuangkan, melatih dan membuat semakin maju di dalam Tuhan.

 3.        SAUDARA AKAN MENDAPAT KELUARGA BARU

 Setiap orang pasti membutuhkan keluarga. Sebab keluarga adalah yang akan menjaga, memelihara dan melindungi kita. Ketika kita lemah, susah, menderita, maka orang terdekat yang dapat menolong kita adalah keluarga. Dengan bergabung dalam kelompok sel, saudara akan mendapatkan keluarga baru. Mereka akan menjaga, memelihara, merawat dan melindungi kita. Terutama jika saudara adalah jiwa yang baru bertobat, saudara sangat membutuhkan keluarga secara rohani. Seperti seorang bayi yang baru lahir yang membutuhkan sebuah keluarga yang akan merawatnya supaya ia bertumbuh dan hidup sehat dan kuat. Jika bayi itu tidak memiliki keluarga, maka ia akan segera mati. Tetapi jika ia memiliki keluarga, maka ia akan diperhatikan dan dirawat supaya sehat, kuat dan terus bertumbuh menjadi besar.

 4.        SAUDARA AKAN MEMILIKI KESEMPATAN UNTUK SALING MENGHIBUR, MEMBAGI BEBAN, MENDOAKAN, MENGUATKAN, MEMPERHATIKAN, MENGHIBUR, DLL

 Dengan bergabung dalam kelompok sel, saudara akan bertemu dengan saudara-saudara seiman yang lain. Di kelompok sel kita dapat saling menghibur ketika ada salah satu saudara yang susah, saling membagi beban kepada saudara yang lain sehingga kita tidak hanya menanggung beban sendiri tetapi ada saudara yang lain yang menolongnya. Saling mendoakan dan menguatkan jika ada pokok-pokok doa yang perlu didoakan bersama. Kita akan terpelihara pertumbuhan rohani kita lebih baik jika ada saudara lain yang mendukungnya. Saudara akan melihat bahwa ternyata kita tidak sendiri tetapi memiliki saudara yang lain yang akan menolong kita. Di sisi lain saudara akan belajar menjadi berkat bagi saudara yang lain. Kita akan mengalami sukacita yang luar biasa ketika kita tahu bahwa hidup kita sangat berarti ketika kita bisa menolong saudara yang lain.

 5.        SAUDARA AKAN MENDAPAT KESEMPATAN YANG BESAR UNTUK DILATIH SEHINGGA DAPAT BERFUNGSI DAN BERBUAH BAGI KRISTUS

 Ibadah hari Minggu tidak akan cukup untuk melatih setiap orang menjadi pelaku firman. Tetapi melalui kelompok sel saudara akan mendapat kesempatan yang besar untuk dilatih secara khusus. Lebih sulit memperhatikan perkembangan setiap orang dalam jumlah besar dibanding dengan jumlah kecil. Bahkan di dalam kelompok sel, saudara akan secara kontinyu didorong untukberlatih melayani baik dengan melayani pujian, doa, permainan (suasana), pimpin sharing maupun dilatih bersaksi sehingga ketika saudara diutus untuk berbuah, saudara sudah bisa melakukan.

 6.        SAUDARA AKAN MENDAPAT KESEMPATAN BESAR UNTUK MELAYANI TUHAN

 Di ibadah raya hari minggu hanya sebagian jemaat saja yang bisa dijadwal untuk melayani. Tetapi di dalam kelompok sel, setiap jemaat mendapat kesempatan besar untuk belajar melayani. Ia akan semakin sering melayani sesuai dengan karunianya. Tanpa kesempatan untuk belajar melayani, kita tidak akan mengetahui apa yang menjadi karunia kita. Tetapi ketika kita mencoba untuk berani melangkah melayani, kita akan semakin dituntun oleh Tuhan mengetahui karunia dan panggilan kita.

Sumber : Pelatihan Calon Pemimpin Kelompok sel; GBIKA Solo

Komentar

Jugend - 2012-06-28 17:31:38
Artikelnya sangat menarik. Salam kenal ya. kunjungi blog aku juga. Tetap semangat dalam posting blog. Oia, jika ada yang butuh layanan les privat bisa menghubungi saya. Khusus les privat wilayah Bandung dan sekitarnya.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.