22 November 2011 -

Menggenapi Rencana Tuhan

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” Yeremia 29:11
Tidak ada seorang pun di antara kita yang hidup didunia ini tahu apa yang bakal ditempuhinya hari esok, apalagi tentang masa depan. Yang mampu kita pastikan adalah tentang visi pribadi kita sendiri. Tetapi berbeda dengan Tuhan, Dia mengetahui tentang apa yang bakal kita hadapi suatu hari nanti dengan apa yang kita sudah pilih.
Kita begitu terangkat oleh karna janji yang Tuhan sudah nyatakan lewat nabi Yeremia, dimana Tuhan menjanjikan suatu rencana damai dan bukan kecelakaan dan masa depan yang penuh harapan. Banyak perkara yang ditulis dalam Alkitab mengenai rencana-rencana Tuhan bagi umatNya. Dan yang pastinya Tuhan turut bekerja didalamnya untuk mengenapi semua rencanaNya.
Misal contoh Abraham, Tuhan berkata kepadanya: “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat…dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.” (Kejadian 12:1-3) Abraham lalu pergi dari negeri dimana dia dibesarkan dan pergi ke negeri yang sudah dijanjikan Tuhan. Apa yang terjadi saat Abraham sampai ke negeri itu? Tuhan mengenapi janjiNya: “Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu.” (Kejadian 12:7)
Pendirian Tuhan tidak berubah, dulu dan sekarang tetap sama, demikian juga dengan hidup kita hari ini, Tuhan mempunyai rencana yang indah bagi kita. Dan Tuhan juga rindu supaya semua rencanaNya dapat digenapi dalam hidup kita. Tetapi persoalannya, apakah respon kita terhadap rencana yang Tuhan sudah sediakan?
Persoalan yang kita akan bersama pelajari saat ini adalah “Bagaimana supaya kita dapat turut menggenapi rencana Tuhan dalam hidup kita?”
1. Mencari tujuan dan rencana Tuhan bagi hidup kita: “Sebab Aku ini mengetahui apa yang ada padaKu mengenai kamu…” (Yer 29:11) Tuhan telah menetapkan rencana bagi masing-masing umatNya. Tentunya semua rencanaNya adalah damai sejahtera. Bergaul lebih intim lagi dengan Tuhan, maja Dia akan menyatakan rencanaNya kepada kita (Amsal 3:7).
2. Berjalan: “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Maz 119:105). Setiap hari kita berjalan didunia yang penuh dengan pencobaan dan dunia seolah tempat yang gelap, dan sememangnya, adalah tempat yang gelap. Jika tidak ada cahaya yang menerangi jalan kita didalam kegelapan kita akan tersesat. Tetapi Tuhan telah memberikan terangNya bagi kita, sehingga kita tidak akan tersesat (Maz 23:4). Jalani hari demi hari bersama firmanNya. Tuhan akan membawa kita masuk dalam rencanaNya yang indah.
3. Ketekunan: “…Ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan…” (Yak 1:2-4). Ketekunan akan menghasilkan kesempurnaan. Seperti Yusuf yang tekun melakukan pekerjaannya walaupun banyak godaan dan ujian dalam hidupnya. Tetapi pada akhirnya dia memperoleh apa yang telah dijanjikan Tuhan.

Komentar

Kenny - 2011-11-22 18:43:09
Saya percaya Bapa punya rencana indah dalam hidup saya. Terpujilah nama Tuhan Yesus. Haleluya!!

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.