1 March 2011 - Khotbah

Pesan Gembala : Menabur tapi tidak menuai

 NATS              : HAKIM 6: 1-6

Minggu lalu, kita telah belajar akan rahasia ke-2 , bagaimana kita dapat menerima berkat, kemenangan dan penuaian di tahun 2011. Rahasia nya adalah menabur dalam Roh. Arti menabur dalam Roh adalah melakukan perbuatan-perbuatan baik. Saat ini kita akan belajar bagaimana  orang Israel menabur benih, namun tidak pernah menuai selama 7 tahun. Mari kita lihat bersama mengapa orang-orang Israel tidak mengalami penuaian.

Hakim- hakim 6: 1-6

Hak.6:1  Tetapi orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN; sebab itu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Midian, tujuh tahun lamanya,

Hak.6:2  dan selama itu orang Midian berkuasa atas orang Israel. Karena takutnya kepada orang Midian itu, maka orang Israel membuat tempat-tempat perlindungan di pegunungan, yakni gua-gua dan kubu-kubu.

Hak. 6:3  Setiap kali orang Israel selesai menabur, datanglah orang Midian, orang Amalek dan orang-orang dari sebelah timur, lalu maju mendatangi mereka;

Hak. 6:4  berkemahlah orang-orang itu di daerah mereka, dan memusnahkan hasil tanah itu sampai ke dekat Gaza, dan tidak meninggalkan bahan makanan apapun di Israel, juga domba, atau lembu atau keledaipun tidak.

Hak. 6:5  Sebab orang-orang itu datang maju dengan ternaknya dan kemahnya, dan datangnya itu berbanyak-banyak seperti belalang. Orang-orangnya dan unta-untanya tidak terhitung banyaknya, sekaliannya datang ke negeri itu untuk memusnahkannya,

Hak.6:6  sehingga orang Israel menjadi sangat melarat oleh perbuatan orang Midian itu. Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN.

Hak.6:7  Ketika orang Israel berseru kepada TUHAN karena orang Midian itu,

Hak.6:8  maka TUHAN mengutus seorang nabi kepada orang Israel, yang berkata kepada mereka: “Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Akulah yang menuntun kamu keluar dari Mesir dan yang membawa kamu keluar dari rumah perbudakan.

Hak.6:9  Aku melepaskan kamu dari tangan orang Mesir dan dari tangan semua orang yang menindas kamu, bahkan Aku menghalau mereka dari depanmu dan negeri mereka Kuberikan kepadamu.

Hak.6:10  Dan Aku telah berfirman kepadamu: Akulah TUHAN, Allahmu, maka janganlah kamu menyembah allah orang Amori, yang negerinya kamu diami ini. Tetapi kamu tidak mendengarkan firman-Ku itu.”

Dalam kisah ini diceritakan tentang Gideon yang mengalahkan bangsa Midian. Sebelum Gideon dipanggil oleh Tuhan untuk suatu tugas, kisah ini didahului dengan suatu pengantar tentang kondisi orang-orang Israel.

Kondisi orang-orang Israel pada waktu itu :

  1. Secara Jasmani :

a.Hidup dalam kondisi yang sangat sulit, yang disebabkan oleh penjajahan bangsa Midian.

b.Kondisi perekonomian sangat buruk, sehingga tidak ada bahan makanan baik untuk manusia maupun untuk hewan ternak.

c.Kehidupan orang Israel dibawa garis kemiskinan bahkan dikatakan sangat melarat.

2.Secara rohani dalam hubungannya dengan Tuhan :

a.Bangsa Israel hidup dalam kejahatan di mata Tuhan yaitu mereka hidup menyembah berhala, dewa orang Amori ( orang Kanaan ).

b. Bangsa Israel tidak mau mentaati Tuhan, sekalipun Tuhan sudah memberitahukan kepada mereka melalui seorang nabiNya, supaya mereka meninggalkan berhala-berhala bangsa Kanaan.

c. Ketidak taatan kepada Tuhan, membuka pintu bagi setan-setan untuk menjajah dan menyiksa umat Tuhan.

Kisah ini memberikan kebenaran kepada kita bahwa :

  1. Tuhan itu sangat peduli akan kehidupan umatNYa.
  2. Tuhan sangat menginginkan supaya umatNya hidup dalam berkat-berkatNya dan  hidup dalam kemenanganNya.
  3. Tuhan menjadi terhalang untuk memberkati umatNya, karena kehidupan umatNya yang tidak benar.
  4. Tuhan menyatakan bahwa menyembah berhala  sama sekali tidak membawa keberuntungan bagi umatNya, sebaliknya membuat umatNya sengsara.
  5. Tuhan menyatakan bahwa Dia sanggup untuk memberikan berkat dan kemenangan bagi umatNya, sekalipun dengan sedikit orang.

Perintah Tuhan bagi umatNya dalam hubungannya dengan penyembahan berhala:

1. Jangan menyembah berhala

Kel. 23:24  Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.

2. Buang dari hidup kita

Kel. 34:13  Sebaliknya, mezbah-mezbah mereka haruslah kamu rubuhkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, dan tiang-tiang berhala mereka kamu tebang.

 3. Jangan tertipu dengan berhala

Ulangan  4:15  Hati-hatilah sekali–sebab kamu tidak melihat sesuatu rupa pada hari TUHAN berfirman kepadamu di Horeb dari tengah-tengah api–

Ulangan  4:16  supaya jangan kamu berlaku busuk dengan membuat bagimu patung yang menyerupai berhala apapun: yang berbentuk laki-laki atau perempuan;

Ulangan 4:17  yang berbentuk binatang yang di bumi, atau berbentuk burung bersayap yang terbang di udara,

Ulangan  4:18  atau berbentuk binatang yang merayap di muka bumi, atau berbentuk ikan yang ada di dalam air di bawah bumi;

Ulangan  4:19  dan juga supaya jangan engkau mengarahkan matamu ke langit, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan untuk sujud menyembah dan beribadah kepada sekaliannya itu, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

 4. Jangan mau dirugikan oleh berhala-berhala

Yeremia  3:24  Tetapi berhala yang memalukan itu menelan segala hasil jerih lelah nenek moyang kita dari masa muda kita; kambing domba mereka dan lembu-lembu mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka.

5. Jangan takut kepada berhala-berhala

Yeremia 10:5  Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, dan berbuat baikpun tidak dapat.”

 6. Berhala cuma buatan tangan manusia seperti boneka lainnya.

Yeremia 10:8  Berhala itu semuanya bodoh dan dungu; petunjuk dewa itu sia-sia, karena ia hanya kayu belaka.

Inilah alasannya mengapa bangsa Israel menabur terus menerus selama 7 tahun, namun hidup mereka tidak menjadi bertambah baik ,malahn hidup dengan kemelaratan. Penyebabnya adalah hidup mereka yang menyembah berhala.

Anda ingin menuai, apa yang Anda tabur ?

Anda ingin hidup diberkati oleh Tuhan ?

Anda ingin mengalami kemenangan dalam hidup Anda?

PERHATIKAN HUBUNGAN ANDA DENGAN TUHAN !!! JANGAN ADA allah lain.

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.