31 January 2012 - Khotbah

RAHASIA MENERIMA PELIPATGANDAAN

RAHASIA MENERIMA PELIPATGANDAAN

Nats:
Kej 6 : 12 “ Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga, ia mendapatkan hasil seratus kali lipat, sebab ia diberkati Tuhan.
Pendahuluan:
Ketika saya membaca firman Allah ini, firman ini menjadi hidup. Saya berdoa agar saya dan saudara mengalami seperti yang Ishak alami. Ishak bisa menuai seratus kali lipat, sebab ia diberkati Tuhan. Hal ini sesuai dengan yang dituliskan dalam Amsal 10 : 22 “ Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya ”.
Bukan berarti saudara tidak perlu bekerja. Rasul Paulus menasihati kepada Jemaat di Tesalonika dalam 2Tes 3 : 10b “……. Jika seseorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan ”.
Orang percaya harus rajin bekerja. Namun dalam bekerja janganlah andalkan kekuatan sendiri, perlu berkat Tuhan untuk melipatgandakan.
Hari ini kita akan belajar dari kehidupan Ishak. Mengapa Tuhan memberkati kehidupan Ishak?

I.    Rahasia pertama : Memiliki hati yang selalu mentaati apa yang Tuhan mau.
Dalam ayat yang ke 2 dari Kejadian 26 Tuhan berfirman agar Ishak jangan pergi ke Mesir, tapi tinggal di negri yang Tuhan tunjukkan. Dan ayat yang ke 6 menceritakan Ishak mentaati apa yang Tuhan katakan.
1). Ketika kita hidup dalam ketaatan, kita sedang memposisikan hidup kita ada dibawah berkat. Ulangan 28 : 1 – 2 “Jika engkau baik –baik mendengarkan suara Tuhan, Allahmu dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka Tuhan Allahmu, akan mengangkat engkau diatas segala bangsa. Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, Jika engkau mendengarkan suara Tuhan Allahmu”.
Tetapi jika kita tidak hidup dalam ketaatan, kita sedang memposisikan hidup kita ada dibawah kutuk. Ulangan 28 : 15 “ Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara Tuhan Allahmu dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan – Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau ”
2). Waktu kita mentaati apa yang Allah perintahkan , kita sedang mempermudahkan untuk Allah melakukan bagian-Nya memberkati dalam hidup kita.
3).  Saat kita mentaati apa yang Allah katakan, kita akan mendapat otoritas yang besar untuk mengalahkan setan, Yakobus 4 : 7 “ Karena itu tunduklah kepada Allah dan lawanlah iblis, maka ia akan lari dari padamu ”.  Jangan coba – coba usir setan, jika hidup dalam ketidaktaatan, seperti anak – anak Skewa. Dalam pelayanan – pelayanan pelepasan, mereka tidak mentaati apa yang Tuhan suruhkan, akan sulit untuk mengalami pelepasan.

II. Rahasia kedua : Menghormati orang tua
Kejadian 26 : 4 – 5 “ Aku akan membuat banyak keturunanmu seperti bintang di langit, Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri ini, dan oleh keturunanmu semua bangsa di bumi akan mendapatkan berkat. Karena Abraham telah mendengarkan Firman Ku dan memelihara kewajibannya kepada Ku yaitu segala perintah, ketetapan, dan hukum Ku ”.
Ishak diberkati karena memiliki orang tua yang takut akan Tuhan. Sehingga ada berkat keturunan yang diwariskan oleh orang tua. Kel 20 : 6 “ Tetapi Aku menunjukkan kasih Ku kepada beribu – ribu keturunan orang – orang yang mencintai Aku dan taat kepada perintah Ku”.
Hidup dalam penghormatan kepada orang tua akan menolong kita untuk mendapat menerima berkat keturunan.

III. Rahasia ketiga : Mengasihi Pasangan Hidup.
Kej 26 : 8 “ Setelah beberapa lama ia ada disana pada suatu kali menjenguklah Abimelekh, raja orang Filistin itu dari jendela, maka dilihatnya Ishak sedang bercumbu – cumbu dengan Ribka, isterinya ”. I Pet 3 : 7 “ Demikian juga kamu, hai suami – suami hiduplah bijaksana dengan istrimu, sebagai kaum yang lebih lemah. Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.