15 August 2012 - Khotbah

RUMAH DOA SEGALA BANGSA

RUMAH DOA SEGALA BANGSA

MATIUS 21 : 12-16

PENDAHULUAN

Jika kita menyimpulkan apa yang dilihat oleh Rasul Yohanes dalam kitab Wahyu 4: 1-11, kita akan mendapatkan kesimpulan seperti ini :

  • Tuhan Allah yang Maha Kuasa tetap bertahta dan menjadi center dari alam semesta.
  • Pujian dan Penyembahan senantiasa memenuhi di hadapan tahtaNya
  • Semua malaikat, para seraphim dan kerubim , 24 tua-tua, fokus dan menyembah Dia yang duduk diatas tahta.

Saat ini kita akan belajar tentang apa yang dilihat oleh Rasul Yohanes dalam Wahyu 5:1-14, ketika Anak Domba Allah , layak menerima gulungan kitab dari Dia yang duduk di atas tahta.

Dari wahyu 5, mari  kita fokus ke ayat 8 yang berbunyi :

Wahyu 5:8  Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus. ( dalam terjemahan lain : doa-doa (jamak) )

Di Surga, di tahta Allah dan dihadapan Yesus Kristus, ketika peristiwa penyerahan gulungan kitab terjadi, Rasul Yohanes melihat dengan cermat apa yang dipegang oleh ke-24 tua-tua, yaitu kecapi dan cawan yang berisi doa-doa orang-orang kudus .

DOA-DOA ORANG-ORANG KUDUS

  1. A. SIAPAKAH ORANG-ORANG KUDUS INI ?


Yaitu orang-orang dari berbagai suku dan bahasa dan kaum dan bangsa yang telah dibeli oleh darah Anak Domba bagi Allah.


Wahyu 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: “Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.


DIBELI UNTUK MENJADI BAIT ALLAH YANG MEMULIAKAN ALLAH

1Kor. 6:19  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

1Kor. 6:20 Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

DIBELI UNTUK MENJADI HAMBA YESUS KRISTUS

1Kor. 7:22  Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya.

1Kor. 7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

DIBELI UNTUK MENJADI UMAT YANG HIDUP DALAM KASIH

1Pe 1:1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,

1Pe 1:2  yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.

1Pe 1:18  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,

1Pe 1:19  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

1Pe 1:21  Oleh Dialah kamu percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

1Pe 1:22  Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

  1. B. RUMAH DOA SEGALA BANGSA


Nyanyia baru yang dinaikkan oleh ke-24 tua-tua menyatakan orang-orang kudus

yang telah dibeli Yesus bagi dari berbagai bangsa, maka doa-doa yang memenuhi

cawan emas itu adalah doa-doa dari segala bangsa.


TUHAN INGIN KITA MENJADI RUMAH DOA SEGALA BANGSA

Yesaya 56:7 mereka akan Kubawa ke gunung-Ku yang kudus dan akan Kuberi kesukaan di rumah doa-Ku. Aku akan berkenan kepada korban-korban bakaran dan korban-korban sembelihan mereka yang dipersembahkan di atas mezbah-Ku, sebab rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa.

Mazmur  141:2 Biarlah doaku adalah bagi-Mu seperti persembahan ukupan, dan tanganku yang terangkat seperti persembahan korban pada waktu petang.

RUMAH DOA !. BUKAN SARANG PENYAMUN


Mat 21:12  Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mengusir semua orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati

Mat 21:13 dan berkata kepada mereka: “Ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun.”

Mat 21:14  Maka datanglah orang-orang buta dan orang-orang timpang kepada-Nya dalam Bait Allah itu dan mereka disembuhkan-Nya.

DOA-DOA AKAN DIPAKAI OLEH ALLAH

Wahyu 8:3 Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu.

Wahyu 8:4  Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

Wahyu 8:5  Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.