1 March 2011 - Pengajaran

Tetaplah berdoa

Alkitab merupakan buku kesaksian bagaimana manusia dalam segala persoalan kehidupannya berhubungan dengan Allah Penciptanya. Alkitab merupakan buku kesaksian bagaimana Allah terlibat langsung dalam kehidupan manusia dari abad-ke abad , sampai saat ini.

Rom 15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

Semua perjalanan bapak-bapak iman dalam Alkitab, ditulis menjadi pelajaran dan peringatan bagi kita, bahwa Allah terlibat aktif dalam kehidupan manusia. Saat ini kita belajar bagaimana agar tujuan Allah dalam hidup kita yaitu menjadi Rumah Doa dan Rumah Persembahan dapat digenapi.

KATA KUNCI : ADA 3 RAHASIA AGAR KITA MENJADI RUMAH DOA DAN RUMAH PERSEMBAHAN YANG MAKSIMAL DAN EFEKTIF RAHASIA

YANG PERTAMA: UCAPKAN SELAMAT DATANG KEPADA MASALAH

Ketika Tuhan menjawab doa Salomo dalam yang berbunyi:

2 Taw. 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Allah memberitahukan kepada Salomo dan kepada kita bahwa masalah dapat diatasi dan kita mendapatkan jawaban-jawaban dan kemenangan terhadap masalah yang dihadapi melalui DOA. 2 Taw.6:22-39, 2 Taw.7:13, ayat-ayat yang berisi tentang kondisi manusia yang sedang dalam keadaan bermasalah dan bagaimana masalah itu dapat diselesaikan dengan doa-doa mereka.

Contoh : 1. Kehidupan Ayub , masalah yang dihadapinya disikapi dengan benar dan baik, dan membawa dia kepada Allah dalam pengenalan dan pengalaman yang bertambah. Pengenalan akan Allah bertambah, sekalipun kesembuhan dan pemulihan belum terjadi pada diri Ayub,baik kesehatan tubuhnya, bisnisnya dan keluarganya. Ayub 42:1-6

 Ayub yakin bahwa Allah sanggup dan FirmanNya tidak ada yang gagal. Maka jawab Ayub kepada TUHAN: “Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal. Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui. Firman-Mu: Dengarlah, maka Akulah yang akan berfirman; Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku.

 Ayub mempunyai pengenalan akan Allah yang jelas dan kokoh yang didapat di masa-masa penderitaannya ayat 5 ,” Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

 Ayub memperbaiki pola pikir dan respon di masa-masa penderitaannya Ayat 6, “ Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu.” 2. Pencobaan-pencobaan yang dialami kita, akan membawa kita kepada Allah dan kuasaNya.

1Kor. 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

1Kor. 10:13 Setiap cobaan yang Saudara alami adalah cobaan yang lazim dialami manusia. Tetapi Allah setia pada janji-Nya. Ia tidak akan membiarkan Saudara dicoba lebih daripada kesanggupanmu. Pada waktu Saudara ditimpa oleh cobaan, Ia akan memberi jalan kepadamu untuk menjadi kuat supaya Saudara dapat bertahan. (IBIS)

Jadi kita yang percaya kepada Tuhan Yesus , harus mengerti dan menyadari bahwa masalah-masalah sebenarnya akan membawa kita kepada Allah melalui doa-doa kita sehingga Rumah Doa dan Rumah Persembahan menjadi berfungsi.

RAHASIA YANG KEDUA : TUHAN YANG MENJAWAB DOA

2 Taw. 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka Tuhan mendengar dan menjawab doa.

Allah mengabulkan doa untuk negeri 2Sa 21:14 …Orang melakukan segala sesuatu yang diperintahkan raja, maka sesudah itu Allah mengabulkan doa untuk negeri itu. Allah menghentikan tulah melalui doa.

2Sa 24:25 Lalu Daud mendirikan di sana mezbah bagi TUHAN dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Maka TUHAN mengabulkan doa untuk negeri itu, dan tulah itu berhenti menimpa orang Israel.

Allah menjawab doa,Percayalah !!!

Mat 21:22 Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

RAHASIA YANG KETIGA :KEPUTUSAN UNTUK TETAP BERDOA

 1Tes. 5:17 Tetaplah berdoa. FYAH “Hendaklah saudara selalu berdoa” GW Never stop praying. Keputusan kita dalam hal doa sangat penting,baik untuk masalah yang sedang kita alami sekarang maupun untuk masa depan yang akan datang , semuanya dapat diciptakan melalui doa-doa yang kita naikkan kepada Allah. Tidak peduli seberapa besar masalah yang dihadapi, Tuhan Yesus lebih besar dari semuanya itu Tidak peduli seberapa berat beban yang kita tanggung, Tuhan Yesus lebih besar dari semuanya itu Tidak peduli seberapa tinggi tantangan yang dihadapi, Tuhan Yesus tetap lebih tinggi dikediamanNya yang maha tinggi Jadi Tetaplah Berdoa dan Jangan pernah berhenti.

(sumber : Kumpulan khotbah Pdt.Wilan)

Komentar

bintang - 2012-09-09 20:45:32
Nice reading ,..keep on praying ,faith n believe i had received it.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.