1 November 2011 -

Tuhan Penolong Hidupku

“Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.” Mazmur 121:1-2

Menjadi pengikut Kristus bukan berarti kita lepas dari masalah kehidupan dan kita dapat hidup nyaman tanpa kesusahan. Justru kita akan diuji dengan berbagai masalah untuk tetap berpegang erat dan berdiri teguh di atas kebenaran Firman Tuhan.

Pemazmur mengalami berbagai keadaan yang sangat memberatkan hidupnya sehingga dia mencari pertolongan agar dapat keluar dari masalahnya. Tetapi dia tidak menemukan satu pihakpun yang dapat menolong dia. Pertolongan yang dapat dia temukan hanyalah pertolongan dari Tuhan.
Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel.” Mazmur 121:3-4

Untuk sesaat pemazmur merasa bahwa Tuhan telah meninggalkan dia, sehingga dia merasa tidak ada pertolongan bagi masalahnya. Tetapi justru melalui masalah Tuhan membukakan matanya bahwa Tuhan tidak pernah sekalipun meninggalkan dirinya.

Tuhan berfirman bahwa Dia akan selalu menjadi penolong hidup kita dan Dia tidak akan membiarkan kita jatuh dalam setiap masalah dan pergumulan. Untuk kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar kita dapat menerima pertolongan dari Tuhan.

Berikut ini 2 langkah yang dapat membantu kita untuk senantiasa memperoleh pertolongan dari Tuhan:

1. Hidup dalam kebenaran dan berseru kepada Tuhan

Tuhan menyatakan bahwa Dia adalah penjaga yang tidak akan terlelap sekejap-pun. Seorang prajurit yang menjaga benteng mungkin akan terlelap pada waktu jaganya. Tetapi Tuhan tidak pernah terlelap ketika Dia menjaga hidup kita. MataNya senantiasa mengawasi kita yang senantiasa hidup di dalam Dia.

Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong;
wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi.
Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.” Mazmur 34:16-18
Sebagai manusia mungkin kita merasa sudah tidak ada lagi jalan keluar, bahkan sudah tidak ada lagi pengharapan. Tetapi jangan lupa bahwa bagi Tuhan tidak ada yang mustahil, bahkan tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya kepadaNya (Lukas 1:37 dan Markus 9:23).

Dia sanggup melepaskan kita dari berbagai macam masalah dan kesusahan apapun yang kita alami. Tetap hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan dan berserulah kepada Tuhan, maka Dia akan menolong kita dan melindungi dari segala macam bahaya. Dia akan senantiasa memegang dan menuntun hidup kita. Dia akan memberi kita kekuatan agar dapat terus berjalan meraih kemenangan.

2. Senantiasa mengandalkan Tuhan dan berharap kepadaNya

Jangan pernah lepaskan kepercayaan kita kepada Tuhan. Jangan pernah meragukan pertolongan dari Tuhan. Dan jangan pernah mencoba mencari jalan keluar di luar Tuhan. Dunia ini menawarkan banyak sekali alternatif bagi kita untuk bisa keluar dari masalah. Tetapi keadaan kita tidak akan menjadi lebih baik ketika kita berharap kepada manusia.
Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!
Ia akan seperti semak bulus di padang belantara, ia tidak akan mengalami datangnya keadaan baik; ia akan tinggal di tanah angus di padang gurun, di negeri padang asin yang tidak berpenduduk.” Yeremia 17:5-6

Orang yang mengandalkan manusia dan kekuatannya sendiri akan kecewa. Kekuatan kita terbatas dan kemampuan manusia juga terbatas. Dan Tuhan tidak suka jika kita mengandalkan kekuatan kita sendiri.

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.” Yeremia 17:7-8
Tetap andalkan Tuhan dalam segala perkara. Berharaplah sepenuhnya kepada Tuhan. Dia tidak akan pernah berhutang kepada kita. Janji Tuhan adalah ya dan amin. Dan kita akan melihat penggenapan setiap janji Firman Tuhan ketika kita tetap setia berharap dan hidup di dalam kasih dan kebenaran Firman Tuhan. Haleluya!

“Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu.
Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam.
TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu.
TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.” Mazmur 121:5-8

Sumber : www.pelitakehidupan.com

Komentar

Belum ada komentar mengenai artikel ini.

Berikan Komentar

Bantuan Doa atau Pelayanan

Jika Anda membutuhkan bantuan doa atau layanan lainnya silahkan menghubungi kami melalui link berikut ini - Kontak Kami
GBI El Shaddai Pontianak
Jl. Prof M Yamin No. 1A, Kota Baru, Pontianak 78116
Telp. 0561 - 765495 - Fax. 0561 - 748250
copyrights © GBI El Shaddai Pontianak - Shine, Bless and Glory allrighs reserved.